Rano Karno Raih 274.294 Suara

TANGERANG – Perolehan kursi DPR RI Dapil III Banten didominasi PDI Perjuangan dan Partai Gerindra. Informasi yang dihimpun dari internal PDIP sebanyak 10 kursi DPR RI, PDI Perjuangan mendapatkan tiga kursi yang diperoleh Rano Karno dengan 274.294 suara, Marinus Gea 41.671 suara, dan Ananta Wahana 26.662 suara.

Sedangkan Gerindra mendapat dua kursi yang diperoleh Sufmi Dasco Ahmad dengan 99.002 suara dan Martina. Sementara, Andi Ahmad Dara mewakili Golkar dengan perolehan 84.111 suara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diwakili Mulyanto dengan perolehan 74.772 suara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Moh. Rano Alfath yakni 83.416 suara, Partai Demokrat yakni Zulfikar dengan 60.064 suara, Partai Amanat Nasional M. Ali Taher dengan 71.945 suara.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gatot Wibowo mengatakan, PDI Perjuangan memperoleh tiga kursi di Dapil III Banten. Kata dia, kursi pertama diperoleh Rano Karno, kedua Marinus Gea dan ketiga Ananta Wahana. ”Pileg ini perolehan suara kami meningkat, jumlah kursi DPR RI juga bertambah dari dua menjadi tiga,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (10/5).

Lebih lanjut, Gatot juga memastikan DPRD Kota Tangerang kemungkinan besar akan dipimpin oleh partai berlambang banteng moncong putih itu. ”Perolehan kursi di DPRD Tangerang memang sama dengan periode lalu 10 kursi, namun untuk perolehan suara kami meningkat,” ungkapnya.

Sementara Ananta Wahana mengaku sudah lima kali mencalonkan diri ke lembaga legislatif. Dari kelima pencalonannya, ia berhasil empat kali dilantik sebagai wakil rakyat. ”Pertama di DPR RI, tiga kali berturut-turut di DPRD Provinsi Banten, kalau yang kelima kan pelantikannya Oktober mendatang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pria yang kerap kali disapa AW itu juga memastikan perolehan suara PDI Perjuangan unggul jika dibandingkan dengan partai lain berdasarkan penghitungan KPU. ”Perolehan suara kami di Dapil III Banten 500 ribu lebih, melebihi ratusan ribu dari partai lainnya,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangerang Pontjo Prayogo mengatakan, untuk kursi DPR RI dari Dapil III berhasil meraih dua kursi. ”Saat proses penghitungan kami memang memprediksikan Gerindra bakal mendapatkan dua kursi, namun kami masih menunggu penghitungan resmi hingga selesai dari KPU dan membandingkan perolehan suara partai lain,” ungkapnya. (one/asp/sub)