Rano : UU Pilkada Bentuk Kemunduruan Demokrasi

0
445 views

SERANG – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno menilai UU Pilkada yang baru disahkan DPR RI melalui voting semalam merupakan bentuk kemunduran demokrasi. Hal ini dianggap akan mencederai hak rakyat yang kini tidak lagi bisa memilih langsung karena suara berada di tangan dewan.

“Kita harus hargai itu keputusan hukum produk dari DPR. Tapi memang konsolidasi demokrasi yang telah kita jalankan sekian belas tahun menjadi mundur kembali,” ujar Rano ditemui usai membuka acara Lomba Balita dan Ibu Hamil Sehat di Gedung Korpri, Kota Serang, Jumat (26/9/2014).

Namun demikian Rano melihat UU Pilkada sudah disahkan oleh DPR merupakan keputusan yang harus dihargai. “Tinggal bagaimana kompetensi kawan-kawan di dewan menggunakan ini,” jelasnya.

Secara pribadi, Rano yang juga merupakan kader PDI Perjuangan menegaskan tetap mendukung pilkada langsung walau DPR telah mengesahkan UU Pilkada dengan mekanisme tidak langsung oleh rakyat. “Tentu saya mewakili partai saya mendukung Pilkada langsung,” ujarnya. (Wahyudin)

Lihat Baraya TV : Pilkada Lewat DPRD, Kemunduran Demokrasi