Rano Yakin Pemilihan Tiga Calon Sekwan Sudah Sesuai Aturan

SERANG – Gubernur Banten Rano Karno mengabaikan keinginan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten Asep Rahmatullah untuk mengulang seleksi Sekwan DPRD Provinsi Banten. Rano ngotot dengan proses yang telah berjalan dan telah memilih salah satu dari tiga calon yang diusulkan.

Rano mengatakan, Pemprov sudah merencanakan pelantikan Sekwan terpilih pada Januari 2016 mendatang karena perlu mempersiapkan sejumlah hal. “Nanti dulu lah. Tahun ini kan gak keburu, tahun depan aje. Kan minggu depan juga sudah masuk tahun depan,” ujar Rano, Kamis (30/12/2015).

Rano menilai proses pemilihan Sekwan yang menggantikan Iman Sulaiman yang pensiun beberapa bulan lalu sudah sesuai dengan aturan. Rano yakin telah memilih orang yang tepat menggantikan Iman.

Adapun informasi yang dihimpun Radar Banten Online, tiga orang calon Sekwan yang telah diuji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I DPRD Banten yaitu Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Widodo Hadi, Kepala Biro Organisasi Dian Wirtadipura dan Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarkaatan dan SDM Sigit Suwitarto.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Banten Zaid El Habib mengatakan, pihaknya telah melakukan fit and propper test pertengahan Desember lalu di Jakarta. Menurutnya, uji kelayakan tersebut bukan untuk memutuskan, hanya memberikan rekomendasi kepada pimpinan. “Keputusan ada di pimpinan dewan, dan hasilnya sudah kami serahkan,” ujarnya. (Bayu)