Rapi dengan Iuran Warga

TAKTAKAN – Warga Lingkungan Pancurgede, RT 03 RW 04, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan, kompak menata lingkungannya. Rapi dan indah mulai terlihat di perkampungan ini. Warga mengubahnya secara swadaya.

Bersama Lurah Pancur Dulsalim, Bhabinkamtibmas Brigpol Ahmad Sofan, dan Babinsa Serda Jamadi, Radar Banten ikut memantau proses penataan lingkungan RT 03, Rabu (29/4). Di pinggir sepanjang jalan sekira 300 meter, pagar bambu telah terpasang. Pinggir jalan ini juga dilengkapi taman kecil. Gapura mini dari bambu pun telah didirikan oleh warga.

Proses penataan lingkungan RT ini dilakukan warga sejak Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 di-launching, Februari lalu. Anggarannya, dari iuran warga. Seikhlasnya warga memberikan sumbangan. Dari Rp10 ribu sampai Rp100 ribu.

“Penagihannya seminggu sekali. Warga kompak swadaya,” kata Ketua RT 03 Kosim.

Uang iuran warga itu digunakan untuk membeli bermacam keperluan penataan lingkungan RT 03. Di antaranya, bambu, ban bekas, dan paku. Warga bekerja bakti, bahu-membahu mengubah wajah kampungnya.

Kosim menilai, sejak LRLA digulirkan Pemkot Serang, warga mendadak jadi peduli lingkungan. “Mantep. Kami terima kasih banget sama Pak Lurah, sudah mempercayakan lingkungan kami buat bersaing di lomba ini,” ungkap Kosim.

Muhamad Zakaria, warga RT 03 yang aktif ikut membuat pagar bambu, menuturkan bahwa kegiatan warga membenahi RT 03 dilakukan siang hari dan malam hari. Rencananya, warga akan melakukan pengecatan dan membuat kursi di pinggir jalan. “Kita bakal bikin lingkungan RT 03 jadi indah,” ujarnya.

Sistem keamanan lingkungan (siskamling) di RT 03 pun berjalan. Warga aktif melaksanakan ronda malam. Setiap malam hari, minimal ada tujuh orang yang meronda. “Di sini, enggak pernah ada kasus kriminalitas,” tegasnya.

Bhabinkamtibmas Pancur Brigpol Ahmad Sofan membenarkan, ronda malam rutin dijalankan warga RT 03. Setiap keliling mengontrol keamanan kampung, Sofan mendapati warga ronda malam di pos ronda di RT ini.

“Kita (Polisi-red) bersama warga saling memastikan keamanan tetap kondusif,” ungkap Sofan. (mg06/don)