Rasa Lapar Sehari Berpuasa Terbayar dengan Iga Bakar

0
1.595 views
Iga bakar ala Hotel Mercure Jakarta Simatupang. Foto: Dery Ridwansyah/Jawa Pos

Daging sapi bagian iga selalu menggoda setiap kali dihidangkan. Rasa gurih daging di tepian tulangnya membuat semangat dalam menggigit setiap bagian. Apalagi, jika disantap sebagai menu berbuka puasa. Iga sapi menjadi hidangan paling tepat. Tak hanya dibuat sup, iga sapi juga lezat dimasak dengan cara dibakar.

Chef Hotel Mercure Jakarta Simatupang Chef Noldy Herling paling jago berbagi resep menu olahan iga. Menurutnya, iga bakar paling mantap disantap sebagai menu berbuka karena bisa langsung membuat perut kenyang setelah seharian berpuasa.

Namun tak semua orang pintar memasak iga. Ada yang memasaknya dengan daging yang masih alot saat disantap. Menurut Chef Noldy, ada cara tepat dalam memasak iga, agar dagingnya lembut.

“Tergantung masaknya berapa lama merebusnya. Tips orang zaman dulu boleh juga ditiru. Yaitu merebusnya pakai daun pepaya. Asal jangan kelamaan karena bisa pahit,” ungkapnya sebagaimana dilansir JawaPos.com.

Bahan-bahan:

1. Iga sapi 0,5 kilogram
2. Bumbu dapur (bawang merah, bawang putih)
3. Nasi putih
4. Mentimun 40 gram
5. Buncis 30 gram
6. Tomat 40 gram
7. Sambal terasi 40 gram
8. Kecap manis 10 gram
9. Saus kacang 60 gram
10. Minyak secukupnya
11. Garam sejumput
12. Lada sejumput

Cara membuat :
Godok iga hingga empuk dengan berbagai bumbu dapur seperti garam, lada, bawang merah, bawang putih. Rebus selama 1-2 jam. Kemudian angkat iga yang sudah empuk diamkan hingga kering.

Setelah itu, olesi iga dengan saus kacang dan kecap manis. Bakar sampai berwarna cokelat. Sajikan dengan nasi, tomat, mentimun, buncis, dan saus kacang serta sambal terasi. Berbuka lebih mantap! (cr1/JPG)