Raskin Tak Layak Konsumsi di Cilegon Sudah Diganti

0
437 views
ilustrasi

CILEGON – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Ketahanan Pangan (BPMKP) Cilegon Beatrie Noviana angkat bicara terkait maraknya pemberitaan seputar beras untuk warga miskin (raskin) tak layak konsumsi yang diterima oleh Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kota Cilegon.

Menurutnya, pihaknya sudah menukarkan raskin tersebut dengan kondisi yang lebih baik ke Bulog. “Sesuai dengan konsensus kita dengan Bulog, bila raskin itu tidak layak maka kita minta penggantian,” ujarnya, Selasa (2/9/2014).

Pada bagian lain dirinya juga membenarkan adanya kelalaian pihaknya dalam melakukan pengawasan pendistribusian raskin tak layak itu sehingga sampai ke tangan RTS. “Karena kita kekurangan tenaga atau petugas untuk mengawasi gudang beras di Bulog sehingga raskin tidak layak konsumsi itu diterima warga. Dengan kejadian ini, ke depan kita akan melakukan pengawalan,” tambahnya.

Sementara itu, Muhammad Rizal, selaku koordinator Bulog untuk wilayah Cilegon membenarkan adanya penukaran raskin yang telah dilakukan pihaknya pada kelurahan yang mendapatkan raskin berkualitas buruk. “Sudah kita tukarkan semua (raskin) dengan yang baru lagi. Kalau masih ada temuan lagi, kami minta warga segera melapor agar cepat mendapat penggantian,” terangnya.
Diberitakan sebelumnya, raskin tak layak konsumsi beredar di sejumlah wilayah di Kota Cilegon. Raskin itu berwarna kecoklatan, berkutu dan butir padinya pecah. (Devi Krisna)