SERANG – Rata-rata lama sekolah di Kabupaten Serang masih rendah. Namun, Pemkab Serang mengklaim selalu ada peningkatan dari tahun ke tahun.

Rata-rata lama sekolah di Kabupaten Serang pada 2016 yakni 6,98 tahun dan pada 2017 naik menjadi 7,17 tahun. Tingkat kenaikan ini diklaim tertinggi di Banten.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, rendahnya rata-rata lama sekolah masyarakat karena wilayah Kabupaten Serang terdiri atas pedesaan. Hal itu tidak terlepas dari dampak pemekaran Kota Serang.

“Masih dibilang rendah, di Kabupaten Serang ini kan pedesaan, jadi setelah pemekaran Kota Serang para sarjana, doktor, tinggalnya semuanya di kota, di wilayah perdesaan tinggal yang SD, SMP, SMA,” katanya usai acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang, Jumat (15/3).

Tatu menyadari meningkatkan taraf pendidikan masyarakat menjadi tugasnya sebagai Bupati Serang. Tatu mengaku sudah mencanangkan program kejar Paket A, B hingga C.

“Setiap tahun selalu kita programkan untuk masyarakat yang belum dapat ijazah SD, SMP dan SMA,” ujarnya.

Sekretaris Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Kabupaten Serang Didik Suhardi menilai, kondisi pendidikan di Kabupaten Serang sudah terbilang baik. Terutama, soal perbaikan ruang kelas rusak.

“Saya rasa sudah cukup baik, ruang kelas rusak harus segera diperbaiki secara bertahap, saya rasa 2020 sudah bisa diselesaikan,” katanya. (Abdul Rozak)