Ratu Bagus Hendra Wisanggeni akan Reaktivasi Kanal Banten Lama

0
664 views
Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja.

SERANG – Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja yang disebut sebagai Sultan Banten ke-18, mengaku akan me-reaktivasi kanal yang ada di sekitar Komplek Banten Lama. Selain itu, Ratu Bagus Hendra pun akan mengaktifkan kembali transportasi air menuju Komplek Banten Lama.

Reaktivasi kanal-kanal dan jalur transportasi air menuju kawasan Banten Lama tersebut menurut Ratu Bagus Hendra merupakan salah satu bagian dari konsepnya untuk mengembalikan kejayaan Banten.

“Kalau bicara konsep, Banten terkenal karena kejayaan leluhur. Angkat dulu marwah leluhur dengan memperbaiki, merapihkan peninggalan terdahulu, penataan kawasan Banten Lama, infrastrukturnya dibenahi. Harus ditata jangan semrawut,” ujar Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja setelah agenda sarasehan siang ini di salah satu rumah makan di Kota Serang, Rabu (11/1).

Menurutnya, Kesultanan Banten saat ini tidak seperti Kesultanan Banten terdahulu. Saat ini muncul sebatas entitas budaya yang harus tetap dijaga. Karenanya, Kesultanan Banten akan menjadi mitra pemerintah dan mengawal kebijakan yang dibuat pemerintah.

Konsep-konsep pembangunan yang disusunnya pun ke depan menurutnya akan disodorkan kepada pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Serang. “Itu tanggung jawab pemerintah daerah, kita akan usulkan,” ujarnya.

Terkait keabsahan gelar kesultanannya, menurutnya gelar kesultanannya tersebut memiliki dasar hukum yaitu Penetapan Pengadilan Agama Serang Nomor 0316/Pdt.P/2016/PA.Srg tanggal 22 September 2016 tentang Penetapan Ahli Waris. Melalui ketetapan tersebut pengadilan agama mengesahkan Ratu Bagus Hendra sebagai keturunan yang sah dari Sultan Banten ke-17 yaitu Sultan Maulana Muhammad Shafiuddin.

“Kemudian saya dikukuhkan pada tanggal 11 Desember berbarengan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan berita acara pada 22 Desember dan diumumkan di Masjid Agung Banten Lama,” pungkasnya. (Bayu)