Ratu Melisabet, Inovasi Menangani Sampah

0
473 views

CIPOCOK JAYA –  Ratu Melisabet mampu membuat Tim 4 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 kagum. Inovasi penanganan sampah ini efektif meningkatkan kebersihan lingkungan RT 04 RW 05, Lingkungan Cigintung, Kelurahan Gelam, Kecamatan Cipocok Jaya.

Ratu Melisabet merupakan program penanganan sampah yang dilaksanakan pengurus dan warga RT 04. Kepanjangannya, Radius Satu Meter Melihat Sampah Buang ke Tampatnya.

“Inovasi terkait sampah disebutnya Ratu Melisabet. Setiap radius satu meter melihat sampah, harus dibuang ke tempat sampah. Itu juga sudah jalan. Memang warga di sini (RT 04-red), saya liat, sudah luar biasa,” kata dr Lenny Suryani, salah satu tim juri.

RT 04, pantauan tim juri, tidak hanya bersih. Hasil gotong royong warga menata lingkungannya juga membuat RT ini indah.

Dijelaskan Lenny, inovasi lain yang dijalankan warga RT ini adalah jamban keluarga. Setiap kepala keluarga menyumbang Rp4.000. Dari uang yang terkumpul, digunakan untuk membuat jamban bagi rumah yang belum punya jamban. Saat ini, sudah 14 rumah di RT ini yang memiliki jamban hasil sumbangan warga.

“Untuk daerah Cigintung, ini bagus sekali. Semua halaman rumah warganya sudah ada tanaman yang hijau dan berbunga. Mereka juga sudah punya taman toga. Kader posyandu dan masyarakatnya aktif,” tambah Lenny memberikan penilaian.

RT ini juga dilengkapi dua pos ronda. Sarana dan prasarananya relative lengkap. “Pelaksanaan ronda juga sudah aktif dan tidak ada kejadian kriminal. Pos rondanya sudah dilengkapi alat cuci tangan. Selama penilaian, saya belum menemukan pos ronda seperti ini. Kebanyakan, pos kamlingnya masih biasa-biasa saja,” ungkap Iptu Riyatno.

Ketua RT 04 Suryani mengaku akan tetap menggerakkan warganya untuk bekerja bakti menghadapi penilaian tahap kedua, sekira Agustus 2020. “Kami akan terus tingkatkan untuk penilaian tahap kedua nanti,” tandasnya. (rio/don)