Ratusan Calon ASN Kota Cilegon Gugur

CILEGON – Sebanyak 276 warga yang mendaftar calon aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Cilegon berguguran di tahap seleksi administrasi. Meski demikian, persaingan untuk menjadi abdi negara tetap bakalan ketat, sebab masih ada sebanyak 4.548 peserta yang lolos dan siap mengikuti tes.

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Banten dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon, dari 4.824 peserta calon ASN yang telah mendaftar dan melampirkan berkas persyaratan, terdapat 276 peserta yang tidak memenuhi syarat.

“Setelah itu akan kita umumkan hasil seleksi administrasi, rencananya hari Senin (hari ini-red),” ujar Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian Pembinaan Kesejahteraan dan Administrasi pada BKPP Kota Cilegon Budhi Mustika saat dikonfirmasi Radar Banten, Minggu (15/12).

Kata Budhi, usai diumumkan, selama tiga hari, para peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi bisa melakukan sanggah kepada BKPP Kota Cilegon. Sanggah itu diperuntukkan bagi peserta yang merasa keberatan dengan keputusan tersebut.

Ditegaskan Budhi, masa sanggah itu diberikan oleh pemerintah bukan untuk memperbaiki syarat administrasi yang belum lengkap atau tidak sesuai dengan yang ditetapkan. Namun, untuk memberikan ruang bagi peserta yang ingin meminta klarifikasi. “Jadi kalau peserta merasa semua syaratnya terpenuhi dan sesuai dengan yang sudah ditetapkan, boleh menyanggah, protes. Nanti dicek, apakah itu benar,” ujar Budhi.

Proses verifikasi syarat administrasi dilakukan menggunakan sistem komputerisasi sehingga sangat minim kemungkinan jika peserta benar-benar telah mengunggah persyaratan namun dinyatakan tidak memenuhi syarat. “Biasanya lulusannya enggak sesuai dengan yang disyaratkan, atau IPK (indeks prestasi kumulatif) nya tidak sampai batas minimal,” terang Budhi.

Nama-nama yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi akan diumumkan melalui sscasn. Usai dinyatakan lolos tahapan ini selanjutnya para peserta akan melaksanakan computer assisted test (CAT) yang rencananya digelar pada Februari 2020 mendatang. “Kami bersyukur respons masyarakat terhadap penerimaan CPNS sangat baik. Prosesnya pun sejauh ini berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan yang signifikan memengaruhi proses,” papar Budhi.

Sementara itu, Kepala BKPP Kota Cilegon Mahmudin menjelaskan, pada penerimaan calon ASN tahun ini, posisi yang tersedia di Pemkot Cilegon sebanyak 183 posisi. Melihat jumlah peserta yang pendaftar, minat masyarakat sangat membeludak.“Jumlah paling banyak untuk guru,” ujarnya.

Kata Mahmudin, sesuai dengan yang telah diagendakan, selanjutnya, para peserta akan mengikuti CAT. Menurutnya, secara teknis proses tes tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan saat tes CPNS yang lalu. “Sama saja, ada tes kompetesi dasar, tas kompetesi bidang, tes juga masih menggunakan sistem komputer,” paparnya . (bam/ibm/ags)