Ratusan Calon Jamaah Haji Dites Kesehatan di Dinkes Kota Serang

Tes Kesehatan

SERANG – Guna mengantisipasi terjangkitnya penyakit pada calon jamaah haji. Sebanyak 595 calon jamaah haji melakukan tes pemeriksaan kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Selasa (19/7).

Kepala Seksi Imunisasi dan Pengamat Penyakit pada Dinkes Kota Serang, Enong Suhaeti mengatakan, tes ini merupakan tahap kedua yang dilakukan oleh calon jamaah haji Kota Serang. Tes ini bertujuan untuk mencegah penyakit yang bisa menimpa calon jamaah haji. “Ini merupakan tes kesehatan jamaah haji tahap kedua, sebelumnya mereka melakukan tes kesehatan di masing-masing kecamatan. Tes ini menentukan untuk lolos pada pemberangkatan haji. Nanti jika mereka lolos dari sini, mereka akan menjalani tes kesehatan terakhir di Pondok Gede dan langsung dites oleh Dinkes pusat,” ujarnya.

Ia menjelaskan pada tes kesehatan kali ini, para calon jamaah haji akan diperiksa tes kesehatan jantung, tes penunjang, kesehatan fisik, dan pemeriksaan EKG. “Semua calon jamaah haji harus menjalani rangkaian tes yang kami lakukan, sebab ini menentukan tahap pemeriksaan selanjutnya. Kali ini Dinkes akan melaksanakan tes pemeriksaan ini selama tiga hari sampai Kamis depan,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Enong, yang harus diperhatikan oleh calon jamaah haji adalah para calon jamaah haji harus selalu menjaga kebugaran tubuhnya agar tetap fit. “Kami sudah menyampaikan pada jamaah haji agar mereka dapat menjaga pola makan dan kami juga sudah menyarankan obat-obatan yang harus mereka persiapkan ketika berada di Arab Saudi,” tambahnya.

Pada pemeriksaan kesehatan ini, Dinkes mengerahkan delapan dokter umum, satu dokter PKHI (Petugas Kesehatan Haji Indonesia) dan satu dokter penyakit dalam. Dinkes juga menurunkan 100 petugas pemeriksa kesehatan. (AdeF)