Ratusan Calon Panwascam di Lebak Ikuti Tes Tulis

0
107

LEBAK – Untuk mempersiapkan Pemilu 2019, baik pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD, Bupati dan wakil Bupati, hingga pemilihan presiden dan wakil presiden dan pemilihan umum lainnya, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Lebak mengadakan test tulis bagi calon anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Lebak di hall Latansa Mashiro Rangkasbitung, Minggu (8/10).

 

Ketua Panwaslu Kabupaten Lebak Ade Jurkoni mengatakan, sebanyak 338 calon anggota dari 28 Kecamatan yang mengikuti test tulis. Menurutnya, ini merupakan salah satu tahap yang dilakukan untuk menjadi calon Panwascam. Setelah tes tulis, mereka yang nantinya dinyatakan lulus, masih ada beberapa tahap lagi, seperti tes wawancara maupun tanggapan dari masyarakat.

 

“Hari ini yang ikut test ada 338 peserta dari 28 kecamatan di kabupaten lebak, sebenarnya ada 343 yang mendaftar, mungkin sisanya berhalangan hadir. Ini adalah tahap awal masih ada beberapa tahap lagi untuk menjadi calon anggota panwaslu,” kata Ade saat diwawancarai awak media, Minggu (8/10).

 

Tes tulis ini, lanjutnya, yaitu untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan peserta dalam melakukan pengawasan. Karena anggota harus mempunyai skill dan pengetahuan untuk bekerja mengawasi jalannya pemilu, pilkada, pileg dan pesta demokarasi lainnya.

 

“Para anggota harus mempunyai jiwa yang professional dalam menjalankan tugasnya sebagai tim panwaslu, sehingga pemilihan berjalan dengan lancar dan tidak ada kecurangan. Dari ratusan peserta ini, kita akan mengambil enam orang saja untuk satu kecamatan, jadi jumlanya ada 168 anggota yang akan kita ambil,” katanya. (Omet/twokhe@gmail.com).