Pemeriksaan urine guru.

CILEGON – Ratusan guru SD dan SMP di Kota Cilegon di tes urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cilegon, Jumat (31/3), di Kantor Dinas Pendidikan Kota Cilegon.

Pemeriksaan hasil kerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Cilegon dan BNN Kota Cilegon ini sebagai upaya mencegah adanya penyalahgunaan narkoba di kalangan guru dan kepala sekolah.

Kepala Dindik Cilegon Muhtar Gozali mengatakan, pihaknya mendukung pemeriksaan urine guru untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan obat-obatan terlarang maupun narkoba oleh para guru.

“Narkoba ini sudah merambah ke mana–mana, tidak memandang status jabatan,” ujarnya.

Kepala Kesbangpol Cilegon Suparman mengatakan, tes urine menargetkan 200 guru dan kepala sekolah, namunguru yang mengikuti hanya 185 orang. “Ini tahap pertama, selanjutnya kita akan melakukan tes urine lagi. Sebetulnya yang kita targetkan sebanyak 200 orang guru, tapi yang ikut tes hari ini ada 185,” katanya.

Ia menegaskan, jika setelah pemeriksaan tes urine terdapat guru yang positif menggunakan narkoba, pihaknya akan menyerahkan ke Badan Kepegawaian Daerah dan penegak hukum. (Riko)