Ratusan Guru SMP di Cilegon Ikuti Workshop Analisis Kisi-kisi UN

CILEGON – Sebanyak 420 guru SMP se-Kota Cilegon mengikuti workshop analisis kisi – kisi ujian sekolah untuk tingkat SMP, Sabtu (18/3). Workshop tersebut diorientasikan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang karakteristik kisi – kisi Ujian Nasional tahun ajaran 2016 – 2017.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dindik Cilegon Suhendi menjelaskan, ada beberapa mata pelajaran yang dibedah kisi – kisinya. Antara lain mata pelajaran Bahasa Inggris, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, dan Pendidikan Agama Islam (PAI). “Saya berharap guru nanti bisa terampil dalam menyusun butir soal sesuai dengan penulisan butiran soal,” katanya.

Kasi Kurikulum SMP Dindik Cilegon Eti Kurniawati mengatakan, workshop tersebut dilaksanakan di dua tempat yaitu SMP Al-Azhar 27 dan SD Al-Azhar 40. Narasumbernya pengawas SMP dan instruktur kurikulum. “Narasumber kita hadirkan yang kompeten. Untuk menambah kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun naskah soal ujian,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon Muhtar Gozali menyatakan, guru sangat penting mengikuti workshop tersebut. Apalagi tenaga pengajar di mata pelajaran yang di-UN-kan. “Ini juga untuk kemampuan dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal dan penilaian. Sangat penting sekali,” tuturnya. (Riko)