Ratusan Hektare Tanaman Padi di Lebak Terancam Kekurangan Air

Seorang petani memeriksa kondisi padi yang sawahnya mengalami kekeringan.

RANGKASBITUNG – Musim kemarau di Kabupaten Lebak membuat ratusan hektare tanaman padi di Kecamatan Kalanganyar, Warunggunung, dan Cibadak terancam kekurangan air.

Menanggapi masalah itu, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) bergerak cepat dengan melakukan pompanisasi.

Kepala Distanbun Kabupaten Lebak Dede Supriatna membenarkan, ada sekira 300 hektare tanaman padi yang terancam mengalami masalah. Seperti di Kecamatan Cibadak 120 hektare dan Kecamatan Warunggunung 227 hektare. “Pantauan kami, sebagian petani sudah ada yang panen. Namun, ada juga yang belum bisa dipanen karena kekurangan air. Jadi, perlu ada penanganan agar padi cukup umur dan bisa dipanen. Kita sudah lakukan intervensi dengan memasang pompanisasi,” kata Dede, kemarin.

Menurut Dede, selain akibat kemarau, ancaman kekurangan air juga karena terlambat masa tanam. Seharusnya masa tanam dilakukan pada Mei, tetapi dilakukan masyarakat pada Juni-Juli. “Seharusnya masa tanam di bulan Mei, tapi dilaksanakan di bulan Juni dan Juli. Akibatnya, situ tidak berfungsi dengan baik karena terjadi sedimentasi,” paparnya.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya lahan pertanian padi yang mengalami puso atau gagal panen, Dede menyatakan, pihaknya masih melakukan inventarisasi. “Memang yang terkena ancaman kekeringan relatif cukup banyak. Tapi, tidak akan lebih dari 30 hektare yang terkena puso, contohnya di Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Lebak Junaedi Ibnu Jarta mengimbau Pemkab Lebak agar mewaspadai musim kemarau yang berkepanjangan. Kata dia, beberapa wilayah di Kabupaten Lebak sudah mulai mengalami krisis air akibat tidak berfungsinya bendungan yang berdampak pada ratusan hektare sawah terancam kekeringan. “Lebak merupakan salah satu kabupaten penyangga pangan di Banten dan nasional. Masuknya musim kemarau ini menyebabkan beberapa wilayah mengalami krisis air. Contoh, di wilayah Lebak utara ada beberapa area pesawahan yang sudah mengalami kekeringan,” katanya. (Nurabidin Ence/RBG)