Ratusan Rumah di Lebak Rusak Akibat Bencana Alam

0
97

LEBAK – Sebanyak 117 rumah di Kabupaten Lebak rusak akibat hujan deras yang disertai angin kencang, Kamis (30/11) malam. Rumah rusak seperti tertimpa pohon, atap dan plafon rumah hancur dihantam angin.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, rumah rusak akibat bencana alam tersebar di sembilan kecamatan yaitu Sobang, Cihara, Wanasalam, Gunung Kencana, Malingping, Cirinten, Panggarangan, Cipanas, dan Warungggunung.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Lebak Madlias mengatakan, cuaca ekstrem yang merusakkan 117 rumah itu menimbulkan kerugian mencapai Rp 500 juta.

Dari ratusan rumah rusak itu, 5 rumah rusak berat berada di Desa Hariang, Kecamatan Sobang, 18 rumah rusak berat dan ringan di Kampung Lebak Pari, Desa Lebak Peundeuy, Kecamatan Cihara, 10 rumah rusak berat di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, 16 rumah rusak berat di Kampung Cilutung, dan Kampung Leuwikopo, Desa Gunungkencana, Kecamatan Gunung Kencana, 12 rumah rusak berat di Kecamatan Malingping.

Selanjutnya, 8 rumah rusak berat dan 10 rusak ringan di Kecamatam Cirenten, 25 rumah rusak berat dan ringan di Kecamatan Panggarangan, 12 rumah di Kecamatan Cipanas, dan 1 rumah rusak berat di Kecamatan Warunggunung.

“Alhamdulillah musibah bencana alam itu tidak sampai menelan korban jiwa, namun kerugian mencapai ratusan juta. Kita juga sudah mengirimkan bantuan kedaruratan kepada masyarakat yang mengalami musibah bencana alam tersebut,” kata Madlias, Jumatt (1/11). (Omat)