Ratusan Tanaman Sayur Hijaukan Rumah Warga RT 010 Tegalkembang

0
875 views

WALANTAKA – Dua ratus bibit tomat dan terong telah disiapkan. Pengurus RT 010 RW 03, Lingkungan Tegalkembang, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, akan membagikannya kepada warga. Ratusan bibit tanaman jenis sayur ini akan menghijaukan halaman rumah warga di RT ini.

Ketua RW 03 Ahmad Humaedi mengatakan, persiapan kampungnya menuju penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tinggal sekira 20 persen lagi. Perlombaan yang telah menjadi program Pemkot Serang ini, diakuinya, benar-benar membawa perubahan bagi lingkungan tiga RT di RW 03, Lingkingan Tegalkembang. Tiga RT ini, termasuk RT 010, ikut LRLA.

“Ada 200 bibit tomat dan terong yang akan kita sebar pekan depan,” jelas Humaedi kepada Radar Banten pada Rabu (22/7).

Saat menghadapi penilaian tahap pertama LRLA, 100 bibit palawija, pepaya Jepang, tomat, dan cabai telah disebar untuk menghijaukan RT 010. Namun, banyak yang mati karena sering dipanen.

”Sudah tiga kali panen. Tomat langsung mati. Kalau cabai sama pepaya Jepang mah masih ada. (daun pepaya-red) enak dibikin sambel lalapan,” ujar Humaedi.

Warga RT ini juga menanam tanaman obat keluarga dan bunga. Semuanya disemai dari nol. Warga memindahkannya ke dalam pot dan langsung ditanam ke tanah setelah bibit siap tanam.

”Di kami, kebetulan ada warga yang ahli tanam. Jadi, kita banyak dapat masukan soal penghijauan,” kata Humaedi.

Legalitas pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum RT 010, menurut Humaedi, telah diurus di Pemerintah Kelurahan Pipitan. Surat keputusan (SK) Lurah Pipitan tentang pembentukan kedua kelompok tersebut telah dipegang oleh pengurus RT.

Pekan depan, lanjut Humaedi, penataan lingkungan RT 010 dilanjutkan. Warga akan melengkapi alat keamanan di pos ronda. “Kita usahakan ada pengecatan di jalan dan tembok rumah warga,” katanya.

Ketua RT 010 Mamat menambahkan, pengurus RT sudah mengumumkan persiapan kampung ini menuju penilaian tahap dua, Agustus mendatang, kepada warga. Pada kegiatan Jumat bersih, pekan ini, warga akan gotong royong membersihkan lingkungan dan mengganti tanaman yang sudah layu dengan tanaman baru.

“Insya Allah, kami siap untuk dinilai,” tandas Mamat. (mg06/don)