Ratusan Warga Cilegon Dapat Bantuan Modal Usaha

0
1.126 views
Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Sari Suryati.

CILEGON – Pemkot Cilegon memberikan bantuan modal usaha kepada ratusan warganya. Penerima bantuan itu syaratnya harus yang sudah berusia lanjut (lansia) atau di atas 60 tahun. Bukan berbentuk uang bantuan dikucurkan dalam bentuk barang yang dapat dijual kembali. Seperti sejumlah bahan pokok dan makanan lainnya.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Sari Suryati mengatakan pemberian bantuan usaha ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah kepada masyarakat Cilegon. “Ini untuk memberdayakan para lansia agar tetap produktif agar bisa membangun kualitas SDM Kota,” ujarnya, Kamis (13/7).

Kata dia, kualitas SDM warga Kota Cilegon termasuk yang sudah berusia lanjut harus tetap produktif agar menjadi indikator keberhasilan pembangunan Kota Cilegon. “Kualitas sumber daya manusia ada dari beberapa sisi, jika anak sekolah diberikan bantuan gratis biaya spp. Sedangkan untuk yang sakit diberikan bantuan kesehatan dan yang tidak mampu untuk usaha maka diberikan modal,” katanya.

Sementara itu, Kadinsos Kota Cilegon Abadiah mengatakan ada 200 orang penerima bantuan dengan masing-masing diberikan barang senilai Rp 900 ribu. Usaha warung yang dijalankan oleh penerima bantuan di kontrol oleh pihak yang diutus Pemkot Cilegon. “Dana yang dikeluarkan hampir mencapai Rp 200 juta,” tuturnya.

Meski wajib berumur 60 tahun keatas, klasifikasi yang mendapat bantuan juga dilihat dari fisik dan kondisi perekonomiannya. Sasarannya warga yang ekonominya lemah dan masih produktif. “Banyak yang berumur 60 tahun ke atas tetapi mereka masih bisa menghasilkan sesuatu,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)