Ratusan Warga Gelar Doa Bersama

0
505 views

SERANG – Sejumlah organisasi kemahasiswaan di Kota Serang menginisiasi istighotsah di Alun-alun Barat, Kota Serang. Walaupun tak ikut aksi damai, tetapi gerakan doa bersama untuk NKRI di Alun-alun Barat itu juga untuk mendukung aksi yang dilakukan umat Islam di Jakarta. Kegiatan itu dimulai pukul 14.00 WIB setelah hujan mulai reda.

Acara hanya berlangsung satu setengah jam dan diisi dengan sambutan-sambutan serta doa bersama. Selain mahasiswa, ada juga anggota TNI/Polri dan santri dari sejumlah pondok pesantren di Kota/Kabupaten Serang mengikuti istighotsah yang dilakukan di bawah tenda bernuansa merah putih itu

Koordinator doa bersama Ahmad Kosasih mengatakan, kegiatan itu bukan untuk menghambat warga yang ingin ikut aksi damai di Jakarta. “Kami mencoba ingin menyeimbangkan aksi di Jakarta dan mendoakan agar mereka yang ikut aksi supaya selamat,” ujar Kosasih, Jumat (2/11).

Pada kesempatan itu, hadir juga Walikota Serang Tb Haerul Jaman, Wakil Walikota Serang Sulhi, Kapolres Serang AKBP Nunung Syaifuddin, Komandan Kodim 0602/Serang Letkol Inf Oki Andriansyah Adiwirya, Ketua PCNU Matin Syarkowi, dan sejumlah tokoh agama.

Kata dia, doa bersama ini juga dilakukan agar persoalan negeri ini cepat selesai. “Jangan sampai ada penistaan agama agar kebhinnekaan kita tetap terjaga,” tandasnya.

Untuk itu, tambah Kosasih, aparat penegak hukum harus bisa menegakkan hukum. Kegiatan berdoa bersama itu juga mendukung aksi damai tapi dengan gerakan yang berbeda.

Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengapresiasi kegiatan doa bersama untuk menjalin silaturahim. “Kami berdoa agar Kota Serang ke depan lebih baik dan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan kokoh,” tuturnya.

Ketua PCNU Kota Serang KH Matin Syarkowi mengatakan, umat Islam sangat toleran. “Berdasarkan keterangan mahasiswa, kegiatan ini bukan menghalangi warga untuk demo ke Jakarta,” tuturnya. Ia menegaskan, penegakan hukum di Indonesia harus ditegakkan. Siapa pun yang bersalah harus dihukum.

Komandan Kodim 0602/Serang Letkol Inf Oki Andriansyah Adiwirya mengatakan, kegiatan ini sinergi dan sejalan dengan apel nasional Nusantara Bersatu yang dilakukan pada Selasa (30/11) lalu.

Sementara warga Kampung Kebonsawo, Kelurahan Cimuncang, menggelar istighotsah di Masjid Al-Muttaqin. Ratusan warga mengikuti zikir dan doa bersama setelah salat Jumat yang dipimpin Ustaz Nazam Muhid dan KH Nunung Nuryaman.

Camat Serang Anis S Salam, Danramil 0201 Serang Dayat Widiarto, serta Lurah Cimuncang Choerudin, turut mengikuti zikir dan doa dengan khidmat.

Ketua RW 01 Kebonsawo Achmad Yani mengatakan, zikir dan doa bersama ini murni dari keinginan masyarakat dalam rangka memohon kepada Allah swt agar bangsa Indonesia damai dan tenteram. “Semoga dijauhkan dari malapetaka, semoga Indonesia menjadi negara baldatun toyyibatun wa robbun gofur,” pungkasnya. (Rostina-Haris/Radar Banten)