Razia Angkutan Umum, Dishub Lebak Temukan Angkutan Tak Layak Jalan

0
1.056 views
Dishub Lebak saat razia kelayakan angkatan umum hari ini, Selasa (18/7).

LEBAK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak menggelar operasi kelayakan angkutan umum di tiga tempat, yaitu terminal Mandala, Aweh dan Terminal Sunan Kalijaga. Operasi ini menjadi rutinitas Dishub Kabupaten Lebak untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

Staf Penguji Dishub Lebak Heru Suseno mengatakan, kegiatan ini selalu dilakukan untuk menindak para angkutan umum yang masih beroperasi dengan kondisi KIR mati atau angkutan yang sudah tidak layak jalan. Uji KIR ini tidak lain untuk mencegah kecelakaan maupun menimbulkan polusi udara.

“Kita akan menindak tegas para sopir yang memaksakan kendaraannya beroperasi dengan kondisi KIR yang sudah habis masa berlakunya, kita khawatir akan keselamatan para penumpang dan supir angkutan tersebut,” ucap Heru saat ditemui disela-sela kegiatan operasi yang digelar di terminal Mandala, Selasa (18/7).

Heru menambahkan, kendaraan yang terjaring di terminal mandala hasilnya 40 persen tidak layak beroperasi. Atas dasar tersebut, Dishub mengimbau agar para angkutan umum melengkapi administrasi kendaraan yang akan dioperasionalkan untuk mengangkut penumpang. Sebab jika saat razia tidak dipenuhi, makan akan dilakukan pencabutan izin atau dilakukan penilangan.

“Kita akan beri sanksi kepada para supir, seperti pencabutan izin dan penahan,” tambahnya.

Sementara itu Iwan supir Angkutan Umum yang terkena razia di terminal Mandala menjelaskan, kendaraannya memang sudah tidak layak pakai, namun ia tetap memaksa untuk memakai angutan tersebut karena harus menafkahi keluarga dengan enam enam orang anak.

“Saya terpaksa beroperasi walaupun kendaraan saya tidak layak, saya harus memberikan nafkah kepada keluarga,” jelasnya. (Rahmatullah/twokhe@gmail.com)