MERAK – Sejumlah pengendara sepeda motor yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjaring razia di pintu masuk Pelabuhan Merak, Sabtu (28/2/2015). Mereka umumnya tidak mengantongi SIM dan pajak kendaraan mati.

“Operasi kali ini kita lakukan pemeriksaan surat kendaraan, mencocokkan nomor mesin dan rangka motor. Empat pengendara terpaksa kita tilang,” ujar Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak AKP Nana Supriatna di lokasi razia. KSKP Merak melakukan razia kendaraan bermotor di pintu masuk Pelabuhan Merak, antara lain untuk mengantisipasi tindak kejahatan, seperti begal motor.

Selain tindak lanjut dari maraknya aksi begal motor yang terjadi di sejumlah wilayah, lanjut Nana, kegiatan ini merupakan operasi rutin. “Sebenarnya operasi rutin, cuma kegiatannya kita tingkatkan. Kalau biasa dalam operasi kita hanya mengerahkan petugas piket, kali ini ada tambahan personel dari Polda Banten bersenjata lengkap,” jelasnya.

Mengenai pengendara ada yang memilih balik arah saat melihat razia, kata Nana, mereka bukan kabur. “Setelah kita kejar, ternyata mereka salah jalur. Tujuannya ke Pulorida, salah masuk pintu, jadi terpaksa balik lagi,” kilahnya. (Devi Krisna)