Mahasiswa baru IAIN Banten pada pembukaan OPAK.

SERANG – Sebanyak 2.252 mahasiswa baru IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengikuti Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) di kampus Ciceri, Kota Serang, mulai Kamis hingga Jumat (18-20/8).

“Mereka akan diberi pembekalan mengenai akademik, keuangan, lembaga, kode etik mahasiswa, dan kegiatan kemahasiswaan, ” kata Apud, ketua pelaksana OPAK, usai acara pembukaan .

Apud berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan para mahasiswa baru dapat menikmati kegiatan OPAK dengantertib dan teratur. “Semoga kegiatan selama tiga hari ini, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa baru. Kegiatan ini penting untuk menunjang belajar ke depan,” katanya.

Rektor IAIN SMH Banten Fauzul Iman menyatakan, kegiatan orientasi pengenalan akademik dan kemahasiswaan tidak ada perpeloncoan. Ia pun menekankan kepada mahasiswa baru agar jangan menjadi manusia-manusia jago kandang. Para mahasiswa baru sekarang harus mampu menjawab tantangan zaman. Untuk itu mahasiswa harus punya semangat belajar yang tinggi.

“Saya yakin kehadiran saudara ini punya niat yang baik, niat yang tulus untuk mencari dan menggali ilmu sebaik mungkin dan sesempurna mungkin. Saudara sebelumnya juga para terdidik, ada yang dari pesantren ada yang dari madrasah, ada juga yang dari SLTA umum. Semuanya itu adalah insan-insan terdidik karena itu tidak mungkin kehadiran saudara di sini adalah untuk melakukan hal-hal yang di luar pendidikan, ” ucapnya.

Fauzul menginginkan mahasiswa baru bisa jadi sarjana yang menegakkan karakter yang baik yang siap memiliki daya saing dan kompetisi yang tangguh. “Tidak memiliki mental pengecut, tetapi punya mental yang berkualitas yang siap bersaing ke manapun, berada di manapun,” ungkapanya. (Ade F)