Relika Incar Kelompok Pemuda Penggerak Lingkungan

0
962 views

CURUG – Remaja Kalitanjung (Relika) diyakini mampu meraih poin tinggi untuk kategori kelompok pemuda penggerak lingkungan pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Kelompok pemuda ini pun dipercaya sebagai penggerak lingkungan paling aktif. Alasannya, telah mampu menjadi penggerak warga RT 04 RW 01, Lingkungan Kalitanjung, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, untuk bergotong royong.

Ketua RT 04 RW 01, Lingkungan Kalitanjung, Misna menyebutkan, salah satu peran Relika adalah gotong royong membersihkan saluran air pembuangan dan pekarangan rumah-rumah warga pada Jumat (13/3). Anggota Relika mengajak bapak-bapak dan ibu-ibu Kalitanjung untuk bersama-sama menata lingkungan.

“Alhamdulillah, di sini (Kalitanjung-red) pemudanya aktif ngajak warga gotong royong,” kata Misna kepada Radar Banten, Rabu (18/3).

Ia mengakui, peran Relika sangat besar. Tanpa kepedulian pemuda, warga Kalitanjung yang mayoritas pedagang di Pasar Baros dan di pinggir Jalan Raya Serang-Pandeglang akan sulit diajak gotong royong karena kesibukannya. Kalitanjung dihuni oleh 254 jiwa dari 70 kepala keluarga (KK).

“Jadi kesepakatannya, gotong royong setiap Jumat. Kalau Sabtu dan Minggu kan pedagang lagi rame-ramenya,” jelas Misna.

Jumat (20/3) pekan ini, gotong royong di Kalitanjung akan dilanjutkan. Rencananya, warga akan memasang pagar bambu di sepanjang jalan sepanjang 800 meter. “Wilayah Kalitanjung lumayan luas. Nanti kami ambil bambu dari kebun warga,” ujarnya.

Lingkungan ini, lanjut Misna, juga akan dilengkapi dengan 50 tong sampah. Tempat untuk membuang sampah ini, menurutnya, disediakan oleh Kelurahan Kemanisan. Soalnya, selama ini, warga Kalitanjung masih mengelola sampah secara tradisional. Warga membakar sampah di belakang rumah. “Alhamdulillah sudah koordinasi juga dengan Bu Lurah (menyebut Lurah Kemanisan Hj Ade Suminar-red). Insya Allah dikasih tong sampah,” katanya.

Peran lain Relika menyambut LRLA, sebut Misna, mengusulkan pemasangan gapura dan mengecat ulang pos ronda. Sehingga, sistem keamanan lingkungan (siskamling) di Kalitanjung yang mati suri diharapkan hidup kembali. “Dengan semangat pemuda, semoga (RT 04 RW 01, Lingkungan Kalitanjung-red) jadi juara,” harapnya.

Lurah Kemanisan Hj Ade Suminar mengaku ikut antusias memantau perkembangan enam lingkungan RT di wilayahnya yang didaftarkan mengikuti LRLA. Ia pun optimistis, LRLA bisa membuat warga sadar akan pola hidup bersih dan sehat. “Semoga, semangatnya bukan cuma karena lomba, tapi terus tertanam seterusnya,” pungkasnya. (mg06/don)