Resahkan Warga, Ular Sanca 4 Meter Ditangkap Damkar Lebak

0
1.052 views

LEBAK – Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebak menangkap ular Sanca Batik sepanjang empat meter di Kompleks Pemda, Kelurahan Cijoro Pasir, Kecamatan Rangkasbitung. Keberadaan ular Sanca telah meresahkan masyarakat, karena sering muncul dan memakan ayam milik masyarakat setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasie) Damkar Dinas Satpol PP Lebak Ana Wakhyudin mengatakan, petugas menerima laporan terkait keberadaan ular Sanca Batik di gorong-gorong depan rumah mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Narasoma. Tim dari Damkar bergegas ke lokasi untuk menangkap ular tersebut, karena dikhawatirkan membahayakan keselamatan anak-anak.

“Sekira pukul 14.30 WIB, kami menerima laporan keberadaan ular Sanca Batik di depan rumah mantan Sekda Narasoma di Kompleks Pemda. Kita terjunkan personil untuk menangkap ular tersebut,” kata Ana Wakhyudin kepada Radar Banten, Kamis (18/6/2020).

Setelah tiba di lokasi, tim langsung melakukan upaya penangkapan. Dengan menggunakan peralatan yang minim, tim damkar berhasil menangkap ular Sanca Batik dengan panjang kurang lebih empat meter. Untuk beratnya belum diketahui, karena harus ditimbang terlebih dahulu.

“Sekarang, ular ini kita amankan ke kantor Dinas Satpol PP Lebak. Selanjutnya, pimpinan akan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Serang untuk mengamankan ular tersebut,” jelasnya.

Wahyu, warga Kompleks Pemda mengapresiasi kesigapan petugas Damkar yang telah menangkap ular Sanca Batik di lingkungan perumahan. Ular tersebut telah meresahkan masyarakat dan sering memangsa ayam.

“Ular itu diduga berasal dari kebun yang ada di sekitar Kompleks Pemda dan keberadaannya telah meresahkan,” ungkapnya.(Mastur)