Resmi Dilantik, ICMI Kota Serang Diminta Perkuat Pemberdayaan Masyarakat 

0
564 views

SERANG – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Serang periode 2019-2024 resmi dilantik di Aula Setda Kota Serang, Senin (26/3). 

Sebagai organisasi masyarakat terdidik dari berbagai profesi, mereka diminta tidak hanya berkutat pada wilayah gagasan. Mereka harus ikut terlibat langsung dalam pemberdayaan masyatakat.

Permintaan itu disampaikan langsung Ketua ICMI Provinsi Banten Profesor Dr Lili Romli usai melantik. “Sebagai cendekiawan tidak semua isu harus direspons. Karean ICMI bukan mencari sensasi, tapi memberi solusi,” kata Lili.

Untuk itu, dia menyarankan ICMI harus bisa mewarnai pembangunan melalui gagasan berdasarkan data dan penelitian. “Bukan hanya ide saja, tapi harus juga memberi manfaat langsung ke masyarakat dengan kerja-kerja pemberdayaan,” kata peniliti utama di LIPI ini.

Dia mencontohkan beberapa program yang sudah dikerjakan ICMI Provinsi Banten. Di antaranya dengan menghidupkan koperasi, dan pemberdayaan pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, ICMI juga bekerja sama dengan surat kabar untuk mengaktifkan budaya kecendekiawanan.

Ketua ICMI Kota Serang Agus S Munandar mengatakan, program yang sudah dilakukan periode sebelumnya akan dikanjutkan. Tidak hanya penelitian, pemberdayaan bagi masyarakat juga akan dilakukan. Salah satunya memberdayakan pemuda di Kota Serang.

Bahkan, untuk menguatkan ekonomi daerah, ICMI Kota Serang akan melakukan penguatan pemberdayaan ekonomi. “Targetnya, kita bisa berdayakan 20 pengusaha muda,” cetus Agus. (Ken Supriyono)