Restu PAN ke Awab, Dampingi Iye di Pilkada Cilegon

CILEGON – Awab digadang-gadang sebagai calon kuat pendamping bakal calon Walikota Cilegon Iye Iman Rohiman. Pensiunan polisi itu sudah mendapat restu dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sebelumnya, Awab sudah mendapat dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Demokrat.

Informasi yang dihimpun Radar Banten, Iye dan Awab telah melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Yandri Susanto di sebuah lokasi, Senin (29/6). Pertemuan turut dihadiri oleh Plt Ketua DPW PPP Provinsi Banten Subadri Ushuludin.

Dalam pertemuan itu, mereka  terlihat bercengkrama di satu meja di ruangan terbuka. Mereka berpegangan tangan sambil mendeklarasikan pasangan tersebut.  “Saya menyatakan pada hari ini kita sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, saya memilih Pak Awab, dan memohon kepada Allah SWT semoga kita sukses, takbir,” ujar Iye dalam video yang beredar di kalangan wartawan termasuk Radar Banten, Senin (29/6).

Dihubungi terpisah, Yandri Susanto membenarkan adanya pertemuan itu. Menurutnya, duet Iye-Awab sudah melalui proses panjang. “Partai pengusung sudah sepakat dengan paket ini, chemistry nya sudah ketemu antara Iye dan Awab. Kami meyakni pasangan ini merupakan solusi bagi Cilegon yang lebih baik,” katanya.

Yandri juga meminta kepada Iye dan Awab untuk segera menemui pengurus partai koalisi tingkat Kota Cilegon. Hal itu untuk membangun komunikasi dan konsolidasi internal untuk memenangkan pilkada Kota Cilegon. “Kami juga minta kepada partai pengusung agar kompak, sampaikan kepada masyarakat dengan baik. Kepada Iye dan Awab tunjukkan optimistis, bahwa pencalonan ini bukan untuk gagah-gagahan tapi niat karena Allah SWT sebagai pelayan masyarakat untuk membangun Cilegon lebih baik,” tutupnya.

Di DPRD Kota Cilegon, PAN memiliki empat kursi, PPP dua kursi, dan Partai Demokrat dua kursi. Dengan demikian,  koalisi tiga partai itu telah memenuhi syarat minimal mengusung pasangan calon bakal walikota dan wakil walikota Cilegon.

Sebelumnya, nama Reno Yanuar juga santer disebut sebagai pendamping Iye. Reno didorong dari PDIP. (bam/alt)