Revitalisasi Pasar Ciputat, 610 Pedagang Direlokasi

SOSIALISASI: Kepala Disperindag Tangsel drg. Maya Mardiana saat melakukan sosialisasi relokasi pedagang di lantai 1 Plaza Ciputat, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, Jumat (5/6).

CIPUTAT- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel melakukan sosialisasi relokasi Pasar Ciputat kepada 610 pedagang di lantai 1 Plaza Ciputat,  Jumat (5/6).

Revitalisasi merupakan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 Pemkot Tangsel. Tujuannya untuk memodernisasi Pasar Ciputat menjadi lebih tertata dan rapi.

Seorang pedagang makanan, Sukri meminta para pedagang kaki lima yang berada di luar area pasar untuk masuk ke dalam area relokasi. “Kita setuju terkait revitalisasi dan relokasi. Tapi, kami minta pedagang yang berjualan di pinggir jalan untuk masuk ke area relokasi. Jadi, pembeli masuk ke dalam Plaza Ciputat sehingga dagangan kami juga laku,” katanya saat sosialisasi relokasi pedagang.

Sementara, Kepala Disperindag Tangsel drg. Maya Mardiana menyatakan para pedagang harus masuk ke area relokasi. “Kami (Disperindag-red) juga akan meminta pedagang kaki lima untuk berjualan di area relokasi, ” ujarnya

Maya menambahkan pemilihan Plaza Ciputat supaya pedagang tak kehilangan pelanggannya. Sebab, lokasinya bersebelahan dari lokasi revitalisasi. Selain itu, fasilitas yang tersedia seperti eskalator setiap lantai, lokasi dipantau cctv, penjagaan 24 jam, toilet setiap lantai dan area parkir luas. Jadi, sangat nyaman bagi pedagang dan pembeli.

“Sebanyak  610 pedagang yang dipindahkan dilakukan tiga tahap, mulai pertengahan bulan Juni sampai awal Juli,” jelasnya.

Ia menambahkan setelah revitalisasi rampung, para pedagang akan kembali lagi ke lapak dan kiosnya. “Mereka (pedagang-red) bisa menempati lapak atau kiosnya lagi setelah pembangunan revitalisasi selesai,” katanya.

Ia menyatakan sosialiasi relokasi kepada pedagang bertujuan memaksimalkan pembangunan revitalisasi Pasar Ciputat. “Kami (Disperindag-red) telah beberapa kali bertemu dengan para pedagang, memberikan pemahaman akan pentingnya revitalisasi supaya membuat Pasar Ciputat lebih rapi, modern dan cantik,”  katanya di lokasi.

“Supaya revitalisasi berjalan lancar, kami akan merelokasi pedagang. Mereka dipindahkan ke basement dan lantai dasar plaza ciputat selama proses revitalisasi. Dan pertemuan kali ini, memberitahukan kepada pedagang bahwa pertengahan bulan Juni, pedagang harus pindah dan menempati lokasi relokasi yang telah disediakan,” tutupnya.  (you)