Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning
Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning

SERANG – Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning memantau perkembangan dan dinamika politik menjelang Pilgub Banten 2017. Termasuk pernyataan Ketua DPD PDIP Provinsi Banten Sukira di media massa, beberapa waktu lalu.

Kata Ribka, pernyataan Sukira di media massa terkait bakal calon gubernur
harus putra daerah itu sesuatu yang memalukan. “Sukira sudah dipanggil pusat terkait hal itu ( harus putra daerah). Apa itu jawaban memalukan. Selesai sudah NKRI kalu bicara itu. (Pengurus) Ranting saja sudah tidak boleh bicara seperti itu. Kena marah dia!,” ujar Ribka kepada wartawan usai pelantikan kepala daerah Kabupaten Serang dan Kota Cilegon di pendopo gubernur Banten,
Rabu (17/2/2016).

Ribka menegaskan, seorang pimpinan bahkan kader partai tidak pantas mengatakan hal tersebut. Menurutnya, pernyataan calon harus putra daerah hal justru memalukan partai. “Sebagai ketua harus rasionalis, jangan norak, kemarin dia (Sukira) sudah diingatkan untuk tidak lagi asal bicara. Pokoknya tidak boleh lagi bicara putra daerah,” ujarnya.

Jika bicara calon kepala daerah harus putra daerah, lanjut dia, PDIP sudah menelurkan banyak kepala daerah yang menjunjung tinggi NKRI. Seperti Mochtar Muhammad berasal dari Gorontalo, namun menjadi Walikota Bekasi dua periode. Maruar Sirait, dari Batak, jadi anggota DPR RI dari dapil Jawa Barat IX ( Kab Majalengka, Kab Subang dan Kab Sumedang). Begitu pula Joko Widodo,
dari Solo menjadi Gubernur DKI dan kini jadi presiden.

“Yang terpenting dia mempunyai kemampuan, kemauan dan integritas yang tinggi. Jangan bilang lagi harus putra daerah,” katanya. (Bayu)