Ribuan Calon Bintara yang Ikut Tes di Polda Banten Gugur

Polda Banten

SERANG – Ribuan calon Bintara Polri Polda Banten gugur setelah melewati tahapan penerimaan calon Bintara. Untuk seleksi Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan Polisi Wanita (Polwan) diikuti 1.733 pendaftar. Sedangkan untuk seleksi Bintara Khusus Penyidik Pembantu diikuti 38 pendaftar.

Kasubag Diapes Polda Banten, Farid Firdaus mengatakan, untuk seleksi Bintara PTU dan Polwan, untuk laki-laki hanya lulus 86 orang, sedangkan perempuan sebanyak 15 orang. “Sebetulnya untuk laki-laki yang lulus semua tahapan seleksi sebanyak 110 orang, karena kuotanya hanya 86 orang, maka dilakukan seleksi sesuai ranking,” ujar Farid saat ditemui di sela-sela Sidang Kelulusan Akhir Penerimaan Bintara Polri Polda Banten di Mapolda Banten, Jumat (5/8).

Sementara, untuk Bintara Khusus Penyidik Pembantu dari seluruh peserta sebanyak 38 orang, hanya tiga orang yang lulus, laki-laki sebanyak dua orang, dan perempuan satu orang. Jumlah tersebut sesuai kuota yang ditetapkan oleh Polri.

“Kuota Bintara PTU Polda Banten berdasarkan Surat Kapolri Nomor: B/3879/VIII/2016 tentang kuota Bintara PTU TA 2016, laki-laki 86 perempuan 10, sedangkan kuota Bintara Polri Penyidik Pembantu Polda Banten TA 2016 berdasarkan surat Kapolri Nomor: B/3880/VIII/2016 tentang kuota Bintara Polri Penyidik Pembantu Polda Banten TA 2016,” paparnya.

Setelah selesai tahapan ini, selanjutnya para Bintara akan menjalani proses pendidikan. Untuk Bintara PTU, sebanyak 80 orang akan menjalani pendidikan di SPN Polda Banten, Mandalawangi, Pandeglang, empat orang di SPN Polda Metro Jaya, Pusdik Pol Air sebanyak dua orang, dan Sepolwan sebanyak 10 orang.

“Sedangkan untuk Bintara Khusus Penyidik Pembantu akan menjalani pendidikan di Pusdik Reskrim, Megamendung Bogor,” ujarnya. (Bayu)