Ribuan Surat Suara Rusak Dimusnahkan KPU Lebak

0
1.805 views

LEBAK – Sebanyak 16.275 lembar surat suara pemilu 2019 yang rusak dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak. Pemusnahan disaksikan Ketua Bawaslu Lebak Odong Hudori, Kajari Lebak Lana Hany Wanike, Asda I Setda Lebak Alkadri, dan sejumlah undangan peserta pemilu.

Ketua KPU Lebak Ni’matullah mengatakan, pemusnahan surat suara rusak merupakan perintah dari KPU RI. Jumlah surat suara yang rusak sebanyak 16.275 lembar. Surat suara yang rusak tersebut merupakan hasil penyortiran dari jutaan surat suara yang dikirim ke Lebak.

“Ada 16.275 surat suara reject yang dimusnahkan KPU Lebak. Itu surat suara pemilu presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten,” kata Ni’matullah kepada Radar Banten, Selasa (16/4).

Ni’matullah mengatakan, KPU Lebak masih kekurangan 100 lembar lebih surat suara untuk pemilu DPRD Kabupaten Lebak. Hari ini, kekurangan surat suara akan dikirim dari KPU RI ke Lebak. Jika ada surat suara yang rusak  maka KPU Lebak akan langsung memusnahkan surat suara tersebut. Karena itu, jumlah surat suara yang rusak berpotensi bertambah.

“Proses pemusnahan akan dilakukan staf KPU Lebak. Surat suara tersebut dipotong menggunakan alat potong kertas dan ditargetkan selesai hari ini,” ungkapnya.

Jenis kerusakan surat suara, di antaranya robek, bolong, gambar tidak simetris, dan warna surat suara tidak jelas.(Mastur)