Ribuan Tanaman Cabai di Maja Mengering

0
227 views
Enjen, petani cabai di Binong, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak.

LEBAK – Ribuan tanaman cabai milik petani di Desa Binong, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, mengering dan mati. Para petani akhirnya mencabut pohon cabai yang mati dan membersihkan lahannya untuk ditanami kembali.

Enjen, petani cabai di Binong, mengungkapkan, tanaman cabai banyak yang mati karena musim kemarau. Meski ada yang berbuah, cabainya tidak akan bisa dipanen karena akan kering dan membusuk.

“Iya, udah enggak berbuah lagi karena musim kemarau. Batang dan daun cabai sudah banyak yang kering dan akhirnya mati,” kata Enjen kepada Radar Banten, Selasa (30/7).

Seandainya tetap mendapatkan pasokan air yang memadai, lanjut dia, cabai dapat tumbuh subur. “Kalau berbuah, kami mungkin dapat untung besar. Saya bisa memetik 35 sampai 40 kilogram. Harga cabai di pasaran sekarang mencapai Rp80 ribu sampai Rp100 ribu per kilogram,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, harga cabai di pasar tradisional di Lebak mengalami kenaikan sejak sebulan terakhir. Bahkan harga cabai yang mencapai Rp100 ribu per kilogram memberatkan masyarakat. (Mastur)