Ribuan Warga Hadiri Pawai Ta’aruf MTQ ke-10 Kota Tangsel

0
86
Ilustrasi
Ilustrasi

TANGERANG – Hari ini, sekira pukul 20.00 WIB, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-10 tingkat Kota Tangsel dibuka Walikota Airin Rachmi Diany di Masjid Nur Asmaul Husna, Pakualam, Senin (9/9). Dalam kegiatan tahunan ini, Kecamatan Serpong Utara (Serut) menjadi tuan rumah MTQ.

Ketua panitia MTQ, Teddy Meiyadi menyatakan persiapan sudah 100 persen. Mulai dari pawai ta’aruf MTQ hingga pembukaan perlombaan. Menurut Teddy, MTQ merupakan ajang silaturahmi dan sosialisasi kerukunan umat beragama. Juga, menjadi implementasi moto Tangsel cerdas, modern dan religius (c-more). Serta menjadi ajang lomba qori-qoriah terbaik untuk mempertahankan juara umum tingkat provinsi.

“Melalui tiga tujuan di atas, akan meningkatkan iman dan taqwa ASN, non ASN dan seluruh warga masyarakat Kota Tangsel,” kata pria yang juga menjabat Asisten Daerah (Asda) III Pemkot Tangsel saat dihubungi, Minggu (8/9).

Teddy menambahkan rangkaian acara dimulai dari pawai ta’ruf MTQ. Dimulai dari Masjid Nur Asmaul Husna sekira pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Malam harinya dilanjutkan dengan pembukaan. Untuk pawai ta’aruf diperkirakan akan dihadiri sekitar 5000-an peserta. Meliputi perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan, kelurahan hingga masyarakat.

“Start mulai dari Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpongutara berjalan melintasi Jalan Bhayangkara hingga finish di Giant Alam Sutera. Kurang lebih, pawai sepanjang 1,7 kilometer,” ucap Teddy.

Sementara, Kasat Lalu Lintas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin mengaku telah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama berlangsungnya pawai ta’aruf. Pihaknya akan menutup Jalan Bhayangkara sejak pukul 06.00 WIB hingga 12.00 WIB. “Rekayasa akan diberlakukan, melihat situasi,” ucapnya.

“Jika ditutup, alternatif pertama, arus kendaraan akan dialihkan melalui Jalan Jalur Sutera belok kiri Jalan Bhayangkara dialihkan ke Jalan Sutera Utama melalui Situ Pondok Jagung menuju Simpang Tiga Graha Raya,” tambahnya.

Alternatif kedua, sambungnya, arus lalu lintas dari Jalan Boulevard Graha Raya belok kanan ke Jalan Bhayangkara dialihkan menuju Jalan Graha Raya melalui Jalan AMD dan Jalan Raya Jelupang menuju BSD Plaza. Alternatif ketiga arus lalu lintas dari Kunciran ke Jalan Bhayangkara dialihkan belok kiri ke Jalan Swadaya menuju Jalan Boulevard Graha Raya.

“Parkir kendaraan peserta akan dipusatkan untuk motor di Lapangan samping kantor pengelola Alam Sutera. Dan, di lapangan depan Kantor Telkom Alam Sutera. Untuk mobil di Giant Alam Sutera, Ruko di Jalan Jalur Sutera, Kantor Pengelola Alam Sutera, Bekas SPPBE,” tukasnya. (you/asp)