Walikota Bandung Ridwan Kamil (tengah) dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi (enam dari kanan) foto bersama di tugu selamat datang di kawasan objek wisata Baduy Luar, Kampung Ciboleger, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Minggu (26/8). Foto:Dok Humas Setda Lebak

RANGKASBITUNG – Walikota Bandung Ridwan Kamil yang juga gubernur Jawa Barat (Jabar) terpilih, mengunjungi Baduy Dalam, Lebak, Minggu (26/8). Kedatangan rombongan Ridwan Kamil diterima Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi bersama sejumlah pejabat Pemkab Lebak.

Setibanya di Kabupaten Lebak, Ridwal Kamil mengatakan, pemerintahan yang dipimpinnya siap melakukan kerja sama dengan Pemkab Lebak di bidang pariwisata dan ketahanan pangan yang seremonialnya akan dilakukan di Lebak, Senin, (27/8) ini. “Rencananya kami akan menginap di Cikeusik Baduy Dalam,” kata Ridwan Kamil saat tiba di Ciboleger, kepada wartawan.

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menyambut baik kunjungan Ridwal Kamil ke Lebak. Karena diyakini Ridwan Kamil akan membantu mempromosikan wisata Lebak, karena Lebak memiliki salah satu destinasi wisata unggulan yaitu Suku Baduy. “Baduy ini salah satu suku yang masih memegang teguh adat istiadat, sehingga Pak Walikota Bandung tertarik untuk mengunjunginya, karenanya kami mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan Pak Ridwan Kamil ini,” kata Ade.

Ia mengatakan, rencana kerja sama antara Pemkab Lebak dengan Pemkot Bandung akan diwujudkan, bahkan akan terus ditingkatkan. “Insya Allah besok (hari ini-red) akan dilakukan penandatanganan kesepahaman (MoU) di bidang pariwisata dan ketahanan pangan. Kita berharap, dengan adanya MoU itu akan terus meningkatkan sektor pariwisata dan ketahanan pangan di Lebak,” katanya.

Diketahui, Suku Baduy Dalam memiliki tiga kampung yang berdiri secara terpisah, yaitu Kampung Cibeo, Kampung Cikeusik, dan Kampung Cikertawarna. Pada umumnya, wisatawan yang berkunjung ke Baduy Dalam lebih memilih untuk bermalam di Kampung Cibeo. Dikarenakan di kampung ini lebih terbuka bagi wisatawan yang datang. (nce/zis/ags)