Rifky Balweel dan Biby Alraen menunjukkan cincin setelah akad nikah. Foto: Jawa Pos

JAKARTA – Setelah resmi bertunangan pada Oktober 2017 lalu, pesinetron Rifky Balweel menikahi Biby Alraen Minggu sore (7/1). Akad nikah berlangsung di Masjid Daarul ‘Ilmi, kompleks Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pukul 17.00 WIB, prosesi akad nikah diawali dengan pembacaan surah An-Nisa ayat 21 dan Ar-Rum ayat 21. Rifky didampingi sang ibu, Hasmi Sukarti, dan sang anak, Arsen.

Biby berada di ruangan lain. Dia tampak cantik dengan balutan kebaya berwarna baby blue. Sebelum Rifky masuk ke prosesi ijab kabul, dia lebih dulu meminta izin nikah kepada ibu dan kakaknya. ’’Biby mohon maaf kalau ada kesalahan dan mohon restu untuk menikah dengan laki-laki pilihan Biby. Doakan semoga kami sakinah, mawadah, dan warahmah,’’ tuturnya sambil menahan isak tangis.

Selanjutnya, Rifky menjalani proses ijab kabul. Dilakukan dengan bahasa Arab, dia dengan mantap mengucapkan ijab kabul dalam satu tarikan napas. Arsen yang duduk di samping Rifky tampak senang. Senyum berkali-kali tersungging di wajahnya.

Setelah ijab kabul, Biby menghampiri Rifky. Keduanya lantas bertukar cium. Biby mencium tangan Rifky, sedangkan Rifky mencium kening Biby. Mereka pun bertukar cincin. ’’Senyum dong,’’ ujar MC mengingatkan keduanya yang awalnya tampak canggung ketika bertemu kali pertama sebagai suami-istri. Sebagai mas kawin, Rifky menyerahkan, antara lain, perhiasan, Alquran, dan tas.

Rifky dan Biby berkenalan lewat seorang teman. Selama tiga tahun mereka menjalin kasih dan mengenal satu sama lain. Setelah memantapkan diri, pertengahan tahun lalu Rifky menyampaikan niatnya untuk menikahi Biby. ’’Caranya nggak romantis kok. Kami lebih mendiskusikan beberapa hal penting sebagai persiapan nikah,’’ kata Biby.

Dia cukup akrab dengan keluarga Rifky. Termasuk dengan Arsen, anak Rifky hasil pernikahannya dengan Risty Tagor. Biby sering bertemu dengan Arsen dan mengaku tidak sulit untuk dekat dengannya. Keputusan Rifky untuk menikahi Biby diterima Arsen. Rifky meminta doa agar pernikahan kali ini langgeng. ’’Yang pasti, habis ijab kabul saya lega. Mohon doanya semoga semuanya lancar,’’ ujar bintang sinetron Inikah Rasanya itu. (JPG/RBG)