Rilis Lima Lembaga Survei: Benyamin-Pilar Unggul

0
725 views

TANGSEL – Lima lembaga survei sudah merilis hasil uji elektabilitas pasangan calon walikota dan wakil walikota Tangsel. Hasilnya, pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan unggul dari Paslon lainnya.

Kelima lembaga survei itu yakni Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Konsepindo Research And Consulting, Indikator Politik Indonesia, lembaga survei Romeo Strategic Research & Consulting, dan Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP).

SMRC SMRC merilis hasil survei mengenai kontestasi kandidat dalam Pilkada Tangsel 2020 pada Agustus lalu. Dengan jumlah sampel sebanyak 410 orang, survey dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan atau margin of error survei diperkirakan ±5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei SMRC tersebut menunjukkan, pasangan Benyamin-Pilar memperoleh suara tertinggi dengan elektabilitas 39,3 persen, diikuti lawan mereka Muhamad-Saras dengan 20,8 persen, dan Azizah-Rumahaben dengan elektibilitas 10,5 persen.

Kemudian, hasil survei Konsepindo Research And Consulting yang dirilis pada Oktober 2020, juga menunjukan elektabilitas Benyamin-Pilar mengungguli Paslon lainnya.

Lembaga survei ini merilis hasil survei pada bulan September lalu dan menunjukkan pasangan Benyamin-Pilar masih unggul dengan elektibilitas 40,96 persen, diikuti oleh lawan kandidat Muhamad-Saras dengan elektibilitas 19,44 persen, lalu Azizah-Rumahaben dengan elektibilitas 10,9 persen.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei kontestasi kandidat pada bulan Oktober 2020. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 820 orang. Hasilnya, Benyamin-Pilar menempati urutan pertama dengan elektibilitas 33,9 persen, Muhamad-Saras dengan elektibilitas 26,7 persen, dan Azizah-Rumahaben dengan 13,1 persen.

Begitu pun dengan hasil survei yang dirilis Romeo Strategic Research & Consulting. Responden terdistribusi secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling dan terpilih 400 responden dengan margin of error 5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Lokasi terpilih 40 Kelurahan di 7 Kecamatan Kota Tangerang Selatan. Setiap kelurahan terpilih 10 responden secara acak. Dari masing-masing RT akan dipilih secara acak kepala keluarga berbasis TPS yang ada.

Hasil survei menunjukkan pasangan dengan nomor urut 3, Benyamin-Pilar masih unggul dengan elektibilitas 28,7 persen, disusul Muhamad-Saras dengan 20,9 persen, dan Azizah-Ruhamaben dengan 17% persen.

Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) pada Selasa (1/12/2020) juga merilis hasil survei soal Pilkada Tangsel satu pekan jelang hari pemungutan suara. Direktur Riset LSPP SV Sutikno, mengatakan, dari survei yang dilakukan pada 20 sampai 25 November kemarin, elektabilitas Benyamin Davnie-Pilar masih mengungguli pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben.

Direktur Riset LSPP SV Sutikno, mengatakan, dari survei yang dilakukan pada 20 sampai 25 November kemarin, elektabilitas Benyamin Davnie-Pilar masih mengungguli pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben.

Itu karena elektabilitas Benyamin-Pilar mencapai 38,44 persen. Muhamad-Saraswati berada di posisi kedua dengan 31,29 persen. Sementara pasangan Azizah-Ruhamaben sekadar mendapatkan 23,71 persen. Masih ada 6,56 persen yang belum menjawab.

Menurut Sutikno, survei melibatkan 700 responden dari tujuh kecamatan di Tangsel dengan metode multistage random sampling. Sementara margin of error sebesar 3,70 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

“Dukungan masyarakat masih banyak mengarah untuk pasangan Benyamin-Pilar. Ada perbedaan hingga 7,15 persen jika dibandingkan dengan pasangan Muhamad-Saraswati,” kata Sutikno melalui siaran persnya. (Nizar)