Rio Haryanto. Foto : Dok. Manor Grand Prix Racing Ltd

Beberapa waktu lalu, tersiar kabar Rio Haryanto berpeluang besar tetap berlomba di ajang Formula 1 hingga akhir musim. Namun, nyatanya justru belum ada garansi untuk itu.

Manajer Rio, Piers Hunnisett, membantah pernah memberi kepastian bahwa Rio akan terus berada di kokpit mobil Manor Racing hingga akhir musim 2016.

Pada kenyataannya, menurut Hunnisett, masih ada beberapa hal yang perlu diselesaikan, termasuk soal finansial. Dengan kata lain, nasib Rio belum bisa ditentukan sampai GP Hongaria pada pekan depan.

“Kami tidak tahu apa yang akan terjadi untuk sisa musim ini. Kesepakatan awal kami dengan Manor adalah untuk 11 seri balapan,” sebut Hunnisett dilansir JawaPos.com dikutip dari Sportsmole.

“Kami masih bekerja keras menemukan solusi untuk membiayai Rio dengan sponsor potensial. Tapi sejauh ini belum ada yang konfirmasi,” lanjutnya.

Rio sendiri baru menyerahkan dana sebesar 5 juta euro dari total 15 juta euro harus dibayarkan kepada pihak Manor. Dana itu didapat dari sponsor utama Rio, yakni Pertamina.

Pihak keluarga sudah mengumpulkan 3 juta euro, tapi masih kurang 7 juta euro lagi agar Rio bisa terus bertahan sampai seri terakhir musim ini. Jika gagal menunaikannya, Rio hanya bertahan sampai seri ke-11 di GP Hongaria pada Minggu (24/7).

Terlepas dari masalah dana, Hunnisett mengaku bahwa Manor cukup puas dengan kinerja Rio sepanjang 10 seri balapan jet darat yang sudah dijalani.

“Tim sangat senang dengan kinerja Rio dan kita semua berharap Rio dapat membuat Indonesia bangga dan bertahan di F1 bahkan hingga musim 2017,” pungkasnya. (ira/JPG)