PANDEGLANG – Pariwisat di Provinsi Banten kembali dilirik oleh negara asing, setelah kemarin Arab Saudi, kini giliran Malaysia. Rombongan wisatawan Malaysia yang terdiri dari agen travel, pengusaha hotel, dan jurnalis melakukan kunjungan wisata ke Banten khususnya sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Pandeglang.
General Manager Tanjung Lesung Beach Resort Widiasmanto menjelaskan, dalam kunjungan yang dimulai pada Rabu (8/3) kemarin,  para wisatawan berkunjung ke sejumlah objek wisata seperti Coconut Island, Tanjung Lesung, dan  Ujung Kulon. 
“Mereka sangat tertarik dengan destinasi Pandeglang yang masih alami ,pantai bersih, natural. Mereka happy, puas selama kunjungan dan berharap mereka bisa bawa tamu dari Malaysia ke Pandeglang,” ujar Widiasmanto kepada Radar Banten Online,  Jumat (10/3).
Selama berkunjung di Tanjung Lesung,  menurut Widiasmanto,  selain menikmati keindahan alam,  para wisatawan pun menikmati fasilitas water sport,  makan, makanan tradisional,  dan kesenian tradisional khas Banten seperti rampak beduk.
“Saya berharap SDM dan operator pariwisata bisa mengajak para wisatwan ke lokasi lain seperti Krakatau dan lainnya,” ujarnya.
Sebelumnya,  Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati menjelaskan, Pemprov Banten akan menangkap peluang kerjasama antara agen perjalanan wisata Malaysia dengan agen perjalanan wisata asal Banten. Ia yakin, kerjasama bilateral tersebut akan berpengaruh terhadap volume kunjungan wisatawan mancanegara di Banten.

“Kita sangat berterima kasih pada Kemenpar RI yang telah memfasilitasi kunjungan ini. Kami akan menangkap peluang ini sebagai sarana promosi destinasi wisata Banten pada wisatawan Malaysia,” jelas Eneng.

Hadir dalam kesempatan ini perwakilan Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) Malaysia Zainul Idris Yunus, Konjen RI Johor Baru-Malaysia. “Kami upayakan pertemuan agen travel dengan stageholder wisata di Banten, tidak lain sebagai semangat kemajuag Banten dalam aspek wisata,” kata Zainul. (Bayu)