BRASILIA – Portugal harus mengubur ambisinya lolos babak 16 besar setelah hanya mampu menekuk Ghana dengan skor 2-1 (1-0) pada laga terakhir Grup G di Estadio Nacional de Brasilia, Kamis (26/6/2014) malam WIB. Kemenangan tipis itu tak cukup untuk membawa Portugal melaju ke babak knock out.

Cristiano Ronaldo dan Amerika Serikat memang sama-sama mengantongi empat angka. Namun, Portugal mengalami defisit tiga gol, sementara AS sama sekali tak mengalami defisit alias nol. Dengan konfigurasi itu, Portugal hanya menempati posisi ketiga, sedangkan AS menduduki urutan kedua dan berhak mendampingi Jerman ke babak 16 besar.

Portugal yang dituntut menang besar sempat membuka asa ketika John Boye melakukan gol bunuh diri pada menit ke-31. Sayangnya, Ghana yang juga memiliki peluang lolos sempat menyamakan kedudukan melalui Asamoah Gyan pada menit ke-57.

Portugal hanya bisa menambah satu gol melalui kaki Ronaldo pada menit ke-80. Sebenarnya Portugal memiliki banyak kesempatan untuk memperbesar keunggulan sekaligus menjaga kans lolos ke babak 16 besar.

Sayangnya, Ronaldo yang memiliki dua kesempatan emas pada menit-menit akhir pertandingan gagal memanfaatkannya dengan baik. Di sisi lain, hasil itu membuat Ghana harus rela menduduki posisi juru kunci dengan koleksi satu angka. (JPNN)