Rp97 Juta Donasi #LoveBaduy Disalurkan Dompet Dhuafa

0
931 views
Penyerahan donasi oleh Dompet Dhuafa Banten kepada warga Baduy. Foto: Dompet Dhuafa

LEBAK – Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa Banten menyalurkan bantuan kepada masyarakat Baduy Luar yang rumahnya terbakar akhir bulan lalu.

Donasi sebesar Rp 97.503.610 berhasil dihimpun Dompet Dhuafa setelah meluncurkan kampanye #LoveBaduy dua pekan lalu melalui kanal crowdfunding humanesia.org.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa (DD) Banten Abdurrahman Usman mengatakan, DD langsung merespons kebakaran hebat yang melanda perkampungan suku adat Baduy Luar, Banten sehari setelah kabar itu sampai kepadanya.

“Kami di Banten langsung berkolaborasi dengan tim respons cepat Disaster Management Center (DMC) dan Lembaga Pelayan Masyarakat Dompet Dhuafa Pusat,” kata Usman melalui siaran pers.

Respons cepat yang digulirkan Dompet Dhuafa mendapat tanggapan positif dari masyarakat, di mana campaign #LoveBaduy menjadi viral di media sosial.

“Campaign kita lumayan viral dua minggu lalu. Banyak komunitas yang akhirnya bergerak dengan kampanye #LoveBaduy dan bersinergi dengan Dompet Dhuafa. Mereka tidak saja datang dari Banten, tapi juga dari luar daerah,” papar Usman.

Dua minggu usai tahap penggalangan donasi, Rabu (14/6/2017), tim Dompet Dhuafa dan relawan kembali berangkat menuju perkampungan Baduy guna menyalurkan donasi yang terhimpun.

“Alhamdulillah, ini adalah rezekinya saudara-saudara kita warga Baduy Luar yang diamanahkan melalui Dompet Dhuafa. Hari ini kita salurkan kepada mereka yang berhak atas donasi ini berupa paket makanan pokok dan uang tunai,” tuturnya.

Sebanyak 120 karung beras diantarkan ke lokasi kebakaran di Kampung Cisaban beserta uang tunai untuk pembangun kembali leuit (lumbung padi) yang turut rata dengan tanah pascakebakaran lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran kawasan Baduy Luar, Kampung Cisaban, membuat 84 rumah warga hangus terbakar, Rabu (24/5). Sebanyak 118 kepala keluarga dan 365 jiwa mengungsi ke kampung-kampung sekitar. (Aas Arbi)