RS Bhayangkara Mulai Beroperasi

SERANG – Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Banten di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Kelurahan Cipare, Kota Serang, mulai beroperasi, Selasa (15/10). Rumah sakit milik Polri itu sudah melayani pengobatan masyarakat dan operasi.

“Diperkirakan satu bulan lagi launching. Ini bukan lagi coba-coba, tapi sudah betul-betul beroperasi. Operasi bibir sumbing dan katarak sudah dilakukan. Satu bulan lagi tinggal melengkapi, misalnya tempat tidur,” kata Kabaharkam Polri Komjen Pol Condro Kirono saat memberikan keterangan pers soft launching RS Bhayangkara.

RS Bhayangkara belum dapat memberikan layanan bagi pengguna BPJS Kesehatan. Sebab, layanan kesehatan tersebut belum diintegrasikan. Namun demikian, pengintegrasian akan dilakukan secepatnya agar rumah sakit itu dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat banyak.

RS Bhayangkara, kata dia, dibangun atas dasar layanan kesehatan masyarakat dan penunjang kinerja kepolisian. Di rumah sakit itu akan dijadikan rujukan bagi Polri untuk melakukan proses identifikasi dan autopsi. “Juga untuk tempat khusus penahanan pelaku kejahatan nanti dibantarkan di sini,” ujar Condro.

RS Bhayangkara dibangun menggunakan anggaran Mabes Polri. Total dana yang dikeluarkan mencapai Rp79 miliar. “Pembangunannya menggunakan anggaran dari Mabes Polri,” ujar Condro.

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menambahkan, kegiatan pelayanan kesehatan gratis pada soft opening RS Bhayangkara itu dapat mendekatkan Polri dengan masyarakat. “Semoga bakti sosial, semangat kepedulian sosial yang kita gelorakan hari ini ditumbuhkembangkan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya. (mg05/alt/ira)