RSDP Tambah 15 Ruang Isolasi, Satu Ruangan Bisa Dua Sampai Tiga Pasien

0
1375
Sejumlah kendaraan keluar masuk lingkungan RSDP, Selasa (8/9).

SERANG – RSUD dr Dradjat Prawiranegara Serang (RSDP) menambah 15 ruang isolasi pasien Covid-19. Itu sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Humas RSDP drg Khoirul Anam mengatakan, 15 ruang isolasi pasien Covid-19 itu sebelumnya merupakan ruang perawatan pasien umum. “Itu sebelumnya ruang perawatan Flamboyan,” katanya, Selasa (23/2/2021).

Anam mengatakan, penambahan ruang isolasi itu untuk menambah jumlah daya tampung RSDP untuk pasien Covid-19. “Saat ini antrean pasien sudah mulai terurai,” ujarnya.

Dikatakan Anam, di ruang isolasi baru itu satu ruangan dapat menampung dua sampai tiga pasien. Ia memastikan tidak akan terjadi penularan meski satu ruangan dihuni oleh tiga pasien.

Ia menjelaskan, ada beberapa kriteria bagi pasien yang akan ditempatkan di ruangan yang dihuni lebih dari satu pasien. Yakni, pasien yang masih satu keluarga dan pasien yang kesehatannya mulai stabil.

“Jadi, Covid-19 ini juga kan terkadang menyerang satu keluarga, nah itu bisa disatukan dalam satu ruangan, termasuk juga pasien yang sudah stabil, kalau gejala-gejala berat kita pisahkan tidak digabung,” pungkasnya. (Abdul Rozak)