RSUD Banten Layani Pasien Umum

0
1.063 views

Pasien Covid Dilayani Terpisah

SERANG – RSUD Banten mulai melayani pasien umum kembali pada Minggu (26/7). RS yang berada di Jalan Syekh Nawawi Albantani, Kota Serang itu sebelumnya menjadi RS Pusat Rujukan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengaku saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Banten 41 orang. “Kami akan mulai kembali melayani pasien umum mulai 26 Juli nanti,” ujar Ati, Selasa (21/7).

Ati mengungkapkan, pihaknya juga telah melakukan persiapan terkait hal tersebut. Mulai dari gedung hingga sarana prasarana pelayanan yang terpisah dengan pasien Covid-19.

Kata dia, pendaftaran pasien umum juga dilakukan secara online agar tidak terjadi penumpukan pasien rawat jalan dan rawat inap. “Protokol kesehatan juga dilakukan baik oleh tenaga kesehatan maupun pasien,” terang mantan Direktur Utama RSUD Kota Tangerang ini.

Ati mengatakan, pihak RSUD tetap akan melayani apabila ada pasien yang daftar di tempat. Apabila kuota pasien dokter spesialis yang dituju masih ada, maka akan didaftarkan secara online. Setelah pasien daftar online, maka akan dilayani. “Kami imbau agar lain kali minta tolong kepada orang lain yang bisa menggunakan aplikasi Whatsapp, termasuk petugas PKM (pusat kesehatan masyarakat-red) untuk mendaftarkan agar pasien tidak menunggu lama dan datang sesuai jam yang dijanjikan,” terangnya.

Ia menerangkan, layanan yang sudah bisa diberikan untuk pasien umum di antaranya yakni operasi, penanganan persalinan, hingga cuci darah. Pihaknya juga sudah bisa melayani pasien melalui surat keterangan tidak mampu.

Namun, Ati menegaskan RSUD tetap melayani pasien Covid-19. “Mereka (pasien covid-19) dirawat di ruang perawatan gedung baru belakang dan IGD (instalasi gawat darurat-red) yang terpisah,” ungkapnya.

Berdasarkan media sosial Instagram RSUD Banten, pelayanan yang kembali dibuka adalah poliklinik rawat jalan, baik untuk pasien umum, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, hingga SKTM. Bagi mereka yang ingin mendapatkan pelayanan diarahkan untuk melakukan pendaftaran secara daring yang bisa dilakukan mulai 21 Juli dengan mengakses nomor WhatsApp Messenger.

Waktu pendaftaran dibuka pada Senin hingga Sabtu pukul 07.30 hingga 14.00 WIB. Pendaftaran daring dibuka H-7 sampai dengan H-1 dari hari pelayanan yang diinginkan.

Terpisah, Direktur RSUD Banten dr Danang Hamsah Nugroho mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan beberapa hal detil agar RSUD dapat kembali melayani pasien umum. Pertama, pendaftaran rawat jalan dengan sistem online untuk mengurangi antrean. “Kedua, protokol covid dilaksanakan. Setiap pengunjung harus memakai masker, mencuci tangan, dan social distancing,” ujarnya.

Ketiga, lanjut Danang, pemisahan gedung pelayanan baik ruang rawat, ruang operasi, ICU dewasa dan anak, serta hemodialisa. Selanjutnya, ruang apotik juga dipisah antara rawat jalan, apotik IGD, dan apotik rawat inap untuk mengurangi antrian. “Terakhir, pembatasan pendamping pasien dan jam besuk tetap diberlakukan,” urainya. (nna/nda)