RSUD Cilegon Siapkan Ruang Isolasi untuk Pasien Corona

0
55
Walikota Cilegon Edi Ariadi bersama Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati meninjau RSUD Kota Cilegon, Kamis (19/3).

CILEGON -Manajemen RSUD Kota Cilegon sedang mempersiapkan ruang isolasi untuk kasus pasien corona. Rumah sakit milik Pemkot Cilegon ini  menjadi salah satu rumah sakit yang sedang diusulkan oleh Pemprov Banten kepada Kementerian Kesehatan agar menjadi rumah sakit rujukan tambahan corona di Banten.

Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati mengatakan, sejak virus corona masuk ke Indonesia, Pemkot Cilegon melakukan serangkaian upaya antisipasi. Pada Selasa (17/3), Pemkot Cilegon telah mengeluarkan instruksi dalam rangka kewaspadaan corona.  “Menurut Bu Arriadna (Plt Direktur RSUD Kota Cilegon-red) ada sejumlah prasarana yang belum ada, kita coba cari sendiri (pengadaan) dulu, tapi saya yakin provinsi akan membantu,” ujar Ati di RSUD Kota Cilegon, Kamis (19/3).

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Kota Cilegon Arriadna menambahkan, membutuhkan prasarana baik untuk ruang isolasi maupun tenaga medis.  Sejumlah prasarana yang dibutuhkan dipasang di ruang isolasi misalnya hepa filter dan alat ventilator.  “Kan itu ruangannya (isolasi-red) belum memenuhi syarat, harus beli,” ujar Arriadna.

Sedangkan untuk tenaga medis, lanjutnya, RSUD Kota Cilegon masih mengalami kekurangan alat pelindung diri (APD), terutama baju untuk penanganan pasien corona. “Sebetulnya sudah ada bantuan dari provinsi, tapi masih kurang, kan baju itu sekali pakai, kalau satu kasus yang menangani 10 orang, yah satu kali penanganan berarti butuh 10 baju,” ujarnya. (bam-den/alt)