RSUD Kota Serang Resmi Layani Pasien Rawat Inap

SERANG – RSUD Kota Serang resmi dilaunching oleh Walikota Serang Syafrudin, Selasa (3/11). Rumah sakit tipe C ini secara otomatis sudah dapat menerima pasien rawat inap.

Rumah sakit yang dibangun pada 2017. Lalu pada 26 Juni 2018 dilakukan soft launching dengan hanya menerima pasien rawat jalan. “Sampai 2019 sedikit demi sedikit kita perbaiki dari sisi SDM, dan sarana penunjang lainnya. Alhamdulillah hari ini dilaunching rumah sakit kita ini sudah siap pelayanan, baik pasien (rawat inap) umum atau yang punya penyakit spesialis,” kata Syafrudin di sela-sela launching RSUD yang berlokasi di Kelurahan Penancangan, Cipocokjaya, Kota Serang.

Kata Syafrudin, sudah ada 60 bangsal yang disiapkan untuk pasien. Ia tidak mengelak masih ada beberapa perbaikan sarana. “Pertama di lingkungan kita ini masih terlalu gersang,” ujarnya.

Sarana lain, lanjut Syafrudin, perlu ada gedung terpadu untuk pelayanan dan rapat. “Dan fasilitas lain, yang masih kurang kamar operasi, yang belum ada AC. Dalam waktu dekat sudah kita siapkan,” cetusnya.

Ia mengatakan, pasien BPJS sementara ini belum ada kerja sama. Pihaknya akan mulai melakukan kerja sama tersebut pada 2020. “Tapi jika ada pasien BPJS ke sini tetap kita layani sesuai BPJS yang ada. Hanya RS kita belum ada kerja sama,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Ikbal mengatakan, sebagai RS tipe C secara paripurna sarana telah terpenuhi. “Empat dasar sudah kita penuhi, tapi kita ada tambahan THT, mata, syarat, kandungan dan ahli anak,” katanya.

“Jantung kita belum ada, tapi kita ada ahli penyakit dalam. Kalau kita ada terkait jantung nanti kita akan merujuk ke ahli jantung yang ada di wilayah kita seperti RS Drajat yang tipenya B,” sambungnya.

Kata dia, ada lebih 200 pegawai dari semua layanan. “Dokter spesialis 12, umum 10 totalnya hampir 200 pegawai,” kata Ikbal. (Ken Supriyono)