RT 001 Cipocokmasjid Sempit tapi Enak Dipandang

0
866 views

CIPOCOK JAYA – Asri. Perkampungan ini, sekarang jadi enak dipandang. Hijau dan berwarna, kendati luas RT 001 RW 001, Lingkungan Cipocokmasjid, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya, sempit.

Jalan gang di RT 001 hanya selebar tiga meter. Panjangnya sekira 400 meter. Di kanan-kirinya, berderet rumah-rumah warga. Namun, kampung ini tampak bersih. Tak ada sampah. Jalanannya dicat warna-warni. Di setiap halaman rumah warganya telah dilengkapi tanaman dalam pot.

Ketua RT 001 Abdul Kudus mengatakan, sejak penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, kegiatan gotong royong dilakukan tanpa jadwal. Dari yang biasanya sepekan sekali, menjadi tiga sampai lima kali dalam sepekan.

”Pemudanya semangat. Alhamdulillah, kampung kami yang sempit ini, sekarang enak dipandang,” kata Kudus kepada Radar Banten, Kamis (13/8).

Ia mengaku, biaya penataan di kampungnya tidak hanya menggunakan dana stimulan dari Pemkot Serang sebesar Rp5 juta. Tapi lebih mengandalkan swadaya warga. Dari membeli cat hingga bibit tanaman.

Untuk urusan pengecatan, diserahkan kepada pemuda dan bapak-bapak. Ibu-ibu warga RT 001 kebagian tugas melakukan penghijauan.

Kendati RT 001 telah banyak berubah, Kudus mengakui, masih banyak kekurangan yang perlu dilengkapi agar bisa berkompetisi di perlombaan bergengsi tingkat RT tersebut. Terutama, soal persyaratan administrasi dan alat kelengkapan di pos ronda.

”Kita belum punya SK (surat keputusan dari Lurah Cipocok Jaya mengenai kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum-red). Tapi pas juri datang (untuk penilaian tahap dua-red), semua pasti sudah beres,“ tegas Kudus.

Ketua Pemuda RT 001 Maftuhi menambahkan, pekan ini, para pemuda akan mengecat ulang jalan kampung. Serta, mengecat jalan lain di RT 001 yang belum dicat.

”Pokoknya, kita mau bikin semua jalannya di sini berwarna,” tandas Maftuhi. (mg06/don)