RT 003 Indah, Bersih, Berwarna

SERANG – Ada yang berbeda saat memasuki RT 003 RW 04 , Lingkungan Lebak, Kelurahan Lebakwangi,  Kecamatan Walantaka. Perkampungan ini terasa indah, bersih, dan bewarna.

Tembok sepanjang lingkungan, dilukis  dengan gambar yang menarik dan indah. Jalannya bersih. Meski belum banyak bunga yang ditanam, keasrian RT 003 tidak pudar. Secara alami, RT ini sudah rindang dengan pohon-pohon besar di kanan-kiri jalan.

Lingkungan ini pun sudah memiliki pos ronda lengkap dengan jadwal ronda malamnya. Pos ronda dibangun permanen, di atas tanah milik salah satu warga. Pos ronda ini pun asri dan bersih.

Ketua RT 003 Kusaeri menjelaskan, pembenahan RT-nya dilakukan warga secara gotong royong sebelum Ramadan hingga Ramadan. Bahkan, ada warga yang rela begadang untuk mengecat pagar dan melukis tembok.

“Alhamdulillah, warga di sini kompak dengan semangat kebersamaan. Kami juga mendapat donasi dari warga,” ujar Kusaeri saat menerima Tim 8 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, Selasa (12/5).

Lurah Lebakwangi Aminudin yang ikut menemani tim juri saat penilaian menyatakan apresiasinya terhadap warga RT 003 yang sudah menghidupkan kembali semangat gotong royong. Menurutnya, pihak yang diuntungkan dengan lingkungan yang bersih dan rapi adalah warga sendiri.

”Saya senang, warga di sini sudah kompak. Saya kira, ini patut menjadi contoh bagi lingkungan lain,” ujarnya.

Aminudin juga mendukung LRLA karena perlombaan ini mampu menggerakkan kebersamaan perangkat RT dan RW serta warga. “Semangat guyub ini yang penting. Kami mengapresiasi lomba ini karena dapat menggerakkan warga,” pungkasnya.

Sementara, Ipda Deden Syahrul, perwakilan tim juri dari unsur kepolisian, terkesan dengan kebersamaan yang ditunjukkan warga RT 003. “Ini bagus. Kami sangat terkesan dengan warga di sini. Apalagi tadi, ibu-ibu PKK-nya ikut mengawal,” ujarnya. (alt/don)