RT 01 Asemgede Belum Bisa Penuhi Kriteria Aman

SERANG – Peralatan keamanan di pos ronda RT 01 RW 09, Lingkungan Asemgede, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, belum dilengkapi. Padahal, kampung ini telah banyak berubah, jika dibandingkan saat penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, awal Mei lalu.

Pada penilaian tahap kedua sekaligus terakhir, kemarin (1/9), Tim 6 Juri LRLA sempat mengutarakan kegembiraannya. Sebab, dekorasi lingkungan RT 01 lebih mantab. Jalanannya dicat.

Tembok di kanan-kiri gang masuk RT ini telah dipenuhi mural. Ada gambar pemandangan. Ada tulisan berisi pesan hidup bersih dan sehat.

Kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum di RT ini juga telah dibantuk. Bahkan, telah disahkan oleh Lurah Cimuncang. Namun, belum banyak berperan.

RT ini pun telah memiliki pos ronda. Baru dibangun warga untuk menyambut penilaian tahap dua.

“Bagus. Ini upaya warga untuk memenuhi penilaian dari sisi keamanan. Tapi, peralatannya belum ada. Saya minta, pengurus dan warga mencantumkan jadwal ronda malam dan nomor telepon penting, menyediakan kentongan, kotak P3K, dan peralatan lain,” saran Iptu Sriyanto, juri dari perwakilan Polres Serang Kota.

Dari sisi kebersihan, cukup dijaga oleh warga RT ini. Terlebih, sebagian warga telah menjadi nasabah bank sampah yang didirikan oleh pengurus RT dan RW.

Menanggapi kekurangan dari RT 01, Ketua RW 09 Lilik Chaeriah mengaku akan mengajak pengurus RT 01 untuk melengkapinya. Ia tidak ingin, perubahan yang terjadi di RT ini terhenti setelah LRLA berakhir.

“Saya (ketua-red) RW baru. Baru dipilih warga bulan Juli lalu,” ujar Lilik. (rio-don)