RT 01 Bengkeng Umbul Berwarna bak TK

0
1.213 views

CURUG – Jadi berwarna. Perubahan wajah RT 01 RW 04, Lingkungan Bengkeng Umbul, Kelurahan/Kecamatan Curug, itu terlihat sejak di pintu masuk perkampungan ini. Warga telah menyulap kampungnya seperti taman kanak-kanak (TK).

Corak warna-warni tampak di pagar di pinggir jalan. Cat bermacam warna cerah juga menambah kesan semarak di hiasan dari ban bekas dan bambu. Beberapa tembok rumah warga pun tak luput dari sapuan kuas cat. RT 01 tampak siap menuju penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ketua RT 01 Rasiman mengakui, penataan RT-nya belum maksimal ketika penilaian tahap pertama berlangsung, periode 4-15 Mei 2020. Menurutnya, warga belum sempat gotong royong lantaran terkendala anggaran dan wabah Covid-19.

“Pas juri datang (saat penilaian tahap pertama-red), baru ada beberapa pot tanaman aja dipajang di pinggir jalan,” kata Rasiman kepada Radar Banten, Senin (22/6).

Namun, kini, lingkungan RT 01 telah jauh berubah. Warganya terus bergerak menata lingkungannya. Saat ini, warga tengah membangun taman di lahan milik warga. Nantinya, taman di dekat pos ronda ini akan dilengkapi wahan bermain anak, bunga-bunga, dan hiasan dari ban bekas.

“Supaya anak-anak bisa terkontrol kalau main,” ujar Rasiman.

Pemagaran juga tengah dilanjutkan. Pagar bambu ini akan dipasang di bagian belakang wilayah RT 01. Warga melakukannya dengan gotong royong.

“Kalau hari biasa, (warga-red) yang ikut (gotong royong-red) sedikit karena kebanyakan kerja di pabrik. Ramenya kalau Sabtu dan Minggu,” tutur Rasiman.

Soal persyaratan administrasi, ia mengaku sedang mengurus legalitas pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan di Pemerintah Kelurahan Curug. Pemuda RT ini juga sedang mengurus kelengkapan alat keamanan di pos ronda. “Izin kepemilikan borgol lagi di urus di Polsek Curug,” kata Rasiman.

Lurah Curug Suadah mengaku puas dengan penataan lingkungan RT 01. Ia tak menyangka, RT yang awalnya dikira bakal sulit mengajak warga bergotong royong lantaran sibuk bekerja, ternyata bisa membuktikan kalau lingkungannya bisa bersaing dengan RT lain.

“Saya sangat senang dan bangga. Semoga, warga RT 01 juara,” harap Suadah. (mg06/don)