RT 01 Bengkeng Umbul: Hijau, Bersih, dan Berwarna dengan Swadaya

0
789 views

CURUG – Kini, RT 01 RW 04, Lingkungan Bengkeng Umbul, Kelurahan/Kecamatan Curug, telah berubah. Perkampungan dengan mayoritas warga bekerja sebagai buruh pabrik ini menjadi lebih hijau, bersih, dan berwarna. Ini terjadi karena warganya mau berswadaya.

Kehadiran Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 benar-benar mengubah kondisi RT 01. Dulu, sebelum penilaian tahap pertama lomba ini,  perkampungan ini tidak hijau oleh tanaman. Tapi sekarang, hampir di semua pekarangan rumah warganya terdapat tanaman hias.

RT 01 juga jauh lebih semarak oleh warna. Gapura RT ini, di pinggir Jalan Raya Serang-Petir, dicat dengan corak warna-warni. Hiasan dari ban sepeda motor bekas dan bambu, juga dicat warna-warni, menjadi ciri khas penataan di RT ini. Warga telah mempersiapkan kampungnya untuk dinilai, Agustus ini.

Ketua RT 01 Rasiman mengakui jika pada penilaian tahap pertama, penataan RT-nya belum maksimal. Warga belum bergotong royong lantaran terkendala anggaran dan wabah Covid-19. Saat juri datang, baru ada beberapa pot tanaman dipajang di pinggir jalan.

”Dana stimulan cair setelah penilaian tahap pertama. Kita langsung gerak bikin taman, pengecatan, dan penghijauan,” jelas Rasiman kepada Radar Banten, Rabu (5/8).

Lantaran dana stimulan dari Pemkot Serang sebesar Rp5 juta tidak cukup untuk membiayai kegiatan penataan RT 01, Rasiman pun berinisiatif mengajak warganya untuk berswadaya. Setiap warga boleh menyumbang apa pun. Bisa uang atau bahan penataan seperti ban bekas, bambu, cat, atau tanaman. ”Alhamdulillah, pada kompak swadaya,” kata Rasiman.

Hasilnya, salah satu lahan kosong di RT ini dimanfaatkan oleh warga untuk taman. Lokasinya di dekat pos ronda.

Menjelang penilaian tahap dua LRLA, penataan di kampung ini belum rampung. Saat ini, warga masih mengecatan hiasan berupa ban bekas. Dan rencananya, warga akan menambah jumlah pot-pot bunga di lingkungannya. Serta, membuat pagar dari bambu untuk menambah pemagaran di bagian belakang RT 01.

Taman di RT 01, lanjut Rasiman, juga akan dilengkapi dengan wahana bermain anak. “Supaya anak-anak bisa terkontrol kalau main,” ujarnya.

Ia mengaku, piphaknya sudah mengurus pengesahan pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan RT 01 di Pemerintah Kelurahan Curug. Pemuda RT ini juga tengah mengurus kelengkapan alat keamanan di pos ronda. “Izin kepemilikan borgol lagi di urus si Polsek Curug,” tambahnya.

Lurah Curug Suadah mengaku puas dengan hasil penataan RT 01. Ia tak menyangka jika warga RT 01 bisa membuktikan kalau kampungnya bisa bersaing dengan RT lain di LRLA. Padahal, awalnya Suadah mengira, warga RT 01 bakal sulit diajak gotong royong.

“Semoga warga RT 01 juara,” harapnya. (mg06/don)