RT 01 Bidik Lingkungan Paling Berbunga

TAKTAKAN – Keterbatasan anggaran bukan hambatan bagi warga Lingkungan Drangong, RT 01 RW 07, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, untuk menata lingkungannya. Secara swadaya, mereka mulai menanam bunga. Warga berharap, RT-nya bisa menjadi nominasi juara kategori lingkungan paling berbunga di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Bunga telah banyak ditanam di lingkungan RT 01. Bermacam bunga dapat ditemukan dari depan gapura dan di kiri dan kanan jalan lingkungan RT 01. Warna kuning dari bunga matahari dan merah dari bunga mawar menambah suasana lingkungan ini jadi asri.

Ketua RT 01 H Lujen mengaku, penataan lingkungannya dengan penanaman bunga sudah dilakukan warganya sejak LRLA di-launching, Februari lalu. “Kami niatkan, lingkungan kami jadi berbunga,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (21/4).

Lujen mengaku, saat ini, warganya masih menyiapkan bibit bunga secara mandiri. Di setiap rumah, terdapat pot untuk menyemai bibit bunga. “Beberapa warga juga memang senang menanam,” ujarnya.

Warga berencana memperbanyak tanaman bunga di lingkungannya. Sepanjang jalan sepanjang 300 meter di RT 01 akan diwarnai bunga di dalam pot dari ban bekas. “Bannya kita cat warna-warni,” kata Lujen.

Warga RT 01 juga tengah menyiapkan ruang terbuka hijau (RTH). Beberapa tanaman telah ditanam. RTH ini bakal berfungsi sebagai taman bermain anak dan lokasi senam ibu-ibu. “Pembangunannya hasil swadaya warga,” terangnya.

Lurah Drangong H Slamet Santosa optimistis, dari enam RT di Kelurahan Drangong yang diikutkan LRLA, termasuk RT 01, ada yang meraih juara. “Konsep lingkungan berbunga ini sangat bagus,” katanya.

Slamet berharap, warganya tetap semangat dan kompak bergotong royong meski LRLA telah usai. “LRLA menjadi momen bagi warga untuk membenahi lingkungan,” pungkasnya. (mg06)